Skripsi
’’Pengaruh Layanan Bimbingan Klasikal Terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas IX SMP N 1 Ampelgading Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013
Kata kunci : Layanan Bimbingan Klasikal, Keaktifan Belajar
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh layanan bimbingan klasikal terhadap keaktifan belajar peserta didik kelas IX SMP N 1 ampelgading pemalang tahun pelajaran 2012/2013? Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat keefektifan layanan bimbingan klasikal dalam meningkatkan keaktifan belajar peserta didik kelas IX SMP N 1 ampelgading pemalang tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IX SMP N 1 ampelgading pemalang tahun pelajaran 2012/2013 dengan jumlah keseluruhan 280 peserta didik. Sampel yang diambil adalah 30 peserta didik. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen penelitian dalam bentuk skala psikologi dengan 4 alternatif jawaban yaitu: setuju, agak setuju, kurang setuju, dan tidak setuju. Adapun skala psikologi yang dimaksud adalah skala psikologi keaktifan belajar. Uji persyaratan penelitian menggunakan validitas product moment dan reliabilitas, sedangkan analisis data menggunakan regresi linear, korelasi, dan determinasi.
Hasil penelitian adalah layanan bimbingan klasikal secara efektif berpengaruh memberikan solusi keaktifan belajar. Hal ini terindikasi dari hasil analisis data melalui persamaan regresi linear Y = 34,637 + 0,693 (x). Artinya jika tidak melaksanakan bimbingan klasikal, maka keaktifan belajar 34,637 poin. Setiap kali dilakukan bimbingan klasikal terhadap siswa akan diikuti peningkatan keaktifan belajar siswa sebesar 0,693 poin. Hasil korelasi = 0,746 terletak di antara interval koefisien 0,60 – 0,799 adalah positif dan hubungan kuat. konstribusi pengaruh bimbingan klasikal (X) terhadap sosuli keaktifan belajar (Y) sebesar 55,65%, sedangkan sisanya 44,34% ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti seperti kecerdasan peserta didik, motivasi dan sebagainya. Keefektifan bimbingan klasikal terhadap keaktifan belajar peserta didik berkategori tinggi yaitu sebesar 23,33% dari 30 responden kelas IX SMP N 1 Ampelgading yang diambil sebagai sampel. Keaktifan belajar peserta didik berkategori tinggi yaitu sebesar 13,33% dari 30 responden kelas IX yang diambil sebagai sampel. Dengan demikian bimbingan klasikal berpengaruh terhadap keaktifan belajar peserta didik.
1109501396 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain