Skripsi
Pengaruh pemberian motivasi belajar oleh guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII SMP NU 01 Hasyim Asy’ari Tarub tahun pelajaran 2012/2013
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Prestasi Belajar IPS.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat Pengaruh pemberian motivasi belajar oleh guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII SMP NU 01 Hasyim Asy’ari Tarub tahun pelajaran 2012/2013?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh pemberian motivasi belajar oleh guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII SMP NU 01 Hasyim Asy’ari Tarub tahun pelajaran 2012/2013. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan non eksperimen. Pendekatan non eksperimen yaitu proses berpikir dimana suatu ide merangsang timbulnya ide lain.
Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengenai motivasi belajar dan mengenai prestasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian asosiatif.
Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini adalah diperoleh persamaan regresi Y=52,90 + 0,44 X. Uji regresi diperoleh t hitung = 6,474 > t tabel = 1,989 taraf signifikansi sebesar 95%. Maka disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak. Saran yang dapat disampaikan dari hasil penelitian ini diantaranya adalah kepada Guru diharapkan mampu meningkatkan kemampuan dalam memberikan motivasi belajar kepada siswa sehingga prestasi siswa dapat meningkat. Untuk Peserta didik diharapkan mampu memanfaatkan pemberian motivasi yang diberikan oleh guru untuk meningkatkan prestasi belajar.
1308500512 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain