Skripsi
Peran Bimbingan dan Konseling dalam Peningkatan Minat Belajar Peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012
Kata Kunci : Bimbingan dan Konseling, Minat Belajar
Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah bentuk Peran Bimbingan dan Konseling,Bagaimanakah kondisi minat belajar, Seberapa besar Peran Bimbingan dan Konseling dalam peningkatan Minat Belajar peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bentuk Peran Bimbingan dan Konseling dalam Peningkatan Minat Belajar peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012.
Populasi penelitian adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012.Yang berjumlah 68 peserta didik, Maka untuk pengambilan yang berjumlah 34 peserta didik. Adapun teknik sampling yang peneliti menggunakan penelitian ini adalah teknik random sampling dengan alasan tiap – tiapsub populasi terwakili dengan penelitian ini.Variabel penelitian adalah Bimbingan dan Konseling ( variabel bebas) dan minat belajar peserta didik (variabel terikat).Kedua variabel tersebut menggunakan alat pengumpulan data berupa angket, interview dan dokumentasi. Uji validitas item dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan sperman brown. Teknik analisis data menggunakan product moment.
Berdasarkan hasil analisis data diatas diperoleh nilai rxy = 0,868 hasil tersebut kemudian dikonsultasikan dengan r tabel dengan jumlah responden (N) = 34 taraf signifikan 5% ternyata rxy lebih besar dari rtabel yaitu 0,868>0,339 artinya ada pengaruh yang signifikan Peran Bimbingan dan Konseling dalam Peningkatan Minat Belajar Peserta didik kelas X SMA Negeri Kota Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penelitian ini adalah terdapat Pengaruh Peran Bimbingan dan Konseling dalam penigkatan Minat Belajar Peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012.Saran bagi untuk peserta diodik dapat meningkatkan perilaku guna mengetahui permasalahan yang dialami peserta didik termasuk permasalahan dalam peningkatan minat belajar,hendaknya bagi guru mata pelajaran hendaknya ikut mengawasi peserta didiknya dan guru BK supaya pengawasan secara periodik.
1108501006 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain