Skripsi
Efektifitas Konseling Behavioral Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Seni Budaya Peserta Didik Kelas X SMA PGRI 1 Taman Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012
Kata Kunci : Konseling Behavioral dan prestasi belajar mata
Pelajaran Seni Budaya
Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah Bagaimana kondisi prestasi belajar mata pelajaran Seni Budaya?, pelaksanaan konseling behavioral, Bagaimana efektifitas konseling behavioral dalam meningkatkan prestasi peserta didik kelas X SMA PGRI 1 Taman Pemalang.
Tujuannya adalah untuk mengetahui kondisi prestasi belajar mata pelajaran Seni Budaya, pelaksanaan konseling behavioral, dan efektifitas konseling behavioral dalam meningkatkan prestasi peserta didik kelas X SMA PGRI 1 Taman Pemalang”.
Populasi berjumlah 336 peserta didik, sampel sejumlah 30 peserta didik, teknik sampling yang di gunakan dalam penelitian ini adalah teknik cluster random sampling menggunakan acak tanpa memperhatikan strata (tingkatan) dalam anggota populasi dan dilakukan dengan menggunakan undian. Data dikumpulkan menggunakan alat berupa angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan product moment, dan deskriptif prosentase.
Berdasarkan perolehan korelasi sebesar 0,852 sedang harga r tabel untuk taraf signifikan 5 % sebesar 0,312 sehingga diketahui harga r hitung > r tabel (0,852 › 0,312), juga terhadap taraf signifikan 1% serta taraf signifikan 1% sebesar 0,403 sehingga diketahui harga r hitung > r tabel ( 0,501 › 0,413). Besarnya sumbangan atau kontribusi efektifitas konseling behavioral dalam meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran Seni Budaya peserta didik kelas X SMA PGRI 1 Taman Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012 adalah r xy 0,852 x 100 % = 85,2 % sedangkan sisanya sebesar 14,8 % dipengaruhi oleh faktor lain.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penelitian ini adalah terdapat Efektifitas Konseling Behavioral Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Seni Budaya Peserta Didik Kelas X SMA PGRI 1 Taman Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012. Saran bagi peserta didik dapat Peserta didik diharapkan mampu memanfaatkan pelaksanaan konseling behavioral disekolah sehingga dapat membantu dalam pemecahan masalah baik yang menyangkut bidang akademik maupun non akademik melalui perubahan tingkah laku seperti dalam penerapan konseling behavioral.
1108501139 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain