Skripsi
Keefektifan Model Pembelajaran Aptitude Treatmen Interaction Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Pokok Faktorisasi Suku Aljabar (Penelitian pada siswa kelas VIII semester 1 SMP negeri 06 Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013)
Kata kunci : Model Pembelajaran ATI, Minat belajar, Hasil Belajar Matematika.
Minat siswa SMP N 06 Pemalang, kabupaten Pemalang terhadap pelajaran matematika itu sangat rendah ini dapat dilihat dari keaktifan anak dalam mengikuti pembelajaran matematika di dalam kelas, Hal ini dapat disebabkan oleh strategi atau model maupun cara yang digunakan oleh guru kurang disenangi oleh siswa. oleh karena itu perlu adanya model pembelajaran yang dapat membuat anak mau mengikuti pelajaran matematika, untuk itu perlu adanya model pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan minat siswa yaitu model pembelajaran ATI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara model pembelajaran ATI dengan model pembelajaran konvensional serta untuk mengetahui manakah yang lebih efektif antara model pembelajaran ATI dengan model pembelajaran konvensional.
Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester I SMP N 06 Pemalang, kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2012/2013dengan jumlah 170 siswa yang terbagi dalam 5 kelas, setiap kelas terdiri dari 34 siswa. Kelas sampel yang diambil adalah kelas VIII D sebagai kelas kontrol dan kelas VIII C sebagai kelas eksperimen.
Dari hasil analisis uji Manova diperoleh bahwa ada perbedaan minat dan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran ATI dengan siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada materi Pokok Faktorisasai Suku Aljabar, serta model pembelajaran ATI lebih efektif jika dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional dalam meeningkatkan minat dan hasil belajar matematika siswa.
1708501371 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain