Skripsi
PENGARUH KONSELING PERORANGAN TERHADAP KECAKAPAN PRIBADI SOSIAL PADA PESERTA DIDIK KELAS IX SMP NEGERI 2 KETANGGUNGAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Kepribadian peserta didik harus dikembangkan agar tercapai pribadi sosial dengan baik, seperti sopan santun terhadap guru, terhadap teman sekelas dan orang tua serta masyarakat. Individu yang memiliki kepribadian yang baik akan berfikir positif dalam setiap tingkah lakunya. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah: 1) Pelaksanaan konseling perorangan pada peserta didik Kelas IX SMP Negeri 2 Ketanggungan Tahun Pelajaran 2012/2013? 2) Kecakapan pribadi sosial pada peserta didik kelas IX SMP Negeri 2 Ketanggungan Tahun Pelajaran 2012/2013? 3) Pengaruh konseling perorangan terhadap kecakapan pribadi sosial pada peserta didik kelas IX SMP Negeri 2 Ketanggungan Tahun Pelajaran 2012/2013?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pelaksanaan konseling perorangan pada peserta didik Kelas IX SMP Negeri 2 Ketanggungan Tahun Pelajaran 2012/2013. 2) Kecakapan pribadi sosial pada peserta didik kelas IX SMP Negeri 2 Ketanggungan Tahun Pelajaran 2012/2013. 3) Pengaruh konseling perorangan terhadap kecakapan pribadi sosial pada peserta didik kelas IX SMP Negeri 2 Ketanggungan Tahun Pelajaran 2012/2013.
Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, desain penelitian dengan metode deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IX SMP Negeri 2 Ketanggungan Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 120 peserta didik. Sampel diambil 25% dari jumlah populasi yaitu 25% x 120 = 30 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment dan deskriptif persentase.
Dari hasil analisis data diketahui konseling perorangan peserta didik kelas IX SMP Negeri 2 Ketanggungan Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2012/2013 adalah dalam kriteria baik sebanyak 17 peserta didik (56,7%). Kecakapan pribadi sosial peserta didik pada peserta didik kelas IX SMP Negeri 2 Ketanggungan Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2012/2013 adalah dalam kriteria baik sebanyak 12 peserta didik (40,0%). Pengaruh konseling perorangan terhadap kecakapan pribadi sosial diketahui dari nilai r = 0,699 dikonsultasikan dengan rtabel (N) = 30 taraf signifikan 5 % ternyata nilai r lebih besar dari rtabel yaitu 0,699 > 0,444 maka hipotesis kerja (Ha) yang berbunyi “Ada pengaruh yang signifikan konseling perorangan terhadap kecakapan pribadi sosial peserta didik kelas IX di SMP Negeri 2 Ketanggungan Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2012/2013” dinyatakan diterima.
Kecakapan pribadi sosial peserta didik menjadi baik dalam konseling perorangan dapat dijadikan acuan guru pembimbing dalam meningkatkan program-program BK termasuk konseling perorangan dan layanan yang lain guna menjadi penampung dan pemecahan masalah, serta perubahan kepribadian peserta didik.
1108500928 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain