Skripsi
PERANAN BIMBINGAN KARIR TERHADAP KEMANDIRIAN SISWA DALAM ARAH PILIH KARIR PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 2 SLAWI TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui kondisi pelaksanaan bimbingan karir pada siswa kelas XI SMK Negeri 2 Slawi tahun pelajaran 2011/2012, 2) untuk mengetahui kemandirian siswa dalam arah pilih karir pada siswa kelas XI SMK Negeri 2 Slawi tahun pelajaran 2011/2012, 3) untuk mengetahui besarnya peranan bimbingan karir terhadap kemandirian siswa dalam arah pilih karir pada siswa kelas XI SMK Negeri 2 Slawi tahun pelajaran 2011/2012. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah yaitu ”Peranan bimbingan karir berdampak positif terhadap kemandirian siswa dalam arah pilih karir pada siswa kelas XI SMK Negeri 2 Slawi tahun pelajaran 2011/2012”.
Populasi dalam penelitian ini adalah Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 2 Slawi tahun pelajaran 2011/2012 sebanyak 431 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan ”proporsional randong sampling”. Sampel yang diambil sebesar 10% dari populasi sehingga diperoleh sampel penelitian sebanyak 45 siswa. Variabel yang digunakan ada 2, yaitu variabel bebas dan variabel terikat, sebagai variabel bebas dalam penelitian ini adalah bimbingan karir dan sebagai variabel terikatnya adalah kemandirian siswa dalam arah pilih karir. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan teknik angket, teknik dokumentasi, dan teknik wawancara. Sedangkan teknik analisis data dengan metode analisis deskriptif dan analisis korelasi.
Dari hasil analisis deskriptif diperoleh hasil bahwa layanan bimbingan karir di SMK Negeri 2 Slawi Tahun Pelajaran 2011/2012 dalam kriteria tinggi yaitu 22,22% dan tingkat kemandirian dalam arah pilih karir peserta didik kelas XI SMK Negeri 2 Slawi Tahun Pelajaran 2011/2012 dalam kriteria tinggi yaitu 28,89%. Sedangkan dari hasil analisis statistik korelasi diperoleh rxy sebesar 0,316 dengan n = 45 taraf signifikasi 5% diperoleh rtabel = 0,294, maka rxy > rtabel, 0,316 > 0,294 yang berarti hipotesis nihil (Ho) ditolak sedangkan hipotesis kerja (Ha) diterima.
Kesimpulan yang dapat diambil adalah peranan bimbingan karir berdampak positif terhadap kemandirian siswa dalam arah pilih karir pada siswa kelas XI SMK Negeri 2 Slawi tahun pelajaran 2011/2012. Saran yang dapat sampaikan penulis hendaknnya siswa menyadari akan pentingnya kemandirian dalam arah pilih karir dalam menentukan dan memilih karir yang akan dipilihnya sehingga dapat merenncanakan masa depannya, untuk itu diharapkan siswa tidak menyepelekan layanan bimbingan karir yang ada di sekolah.
1108500878 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain