Skripsi
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP MOTIVASI BERAFILIASI PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMK MA’ARIF NU MARGASARI KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Permasalahan yang ditemukan dalam penelitian adalah bagaimana deskripsi motivasi berafiliasi peserta didik kelas XI SMK Ma’arif NU Margasari Kabupaten Tegal sebelum mengikuti layanan bimbingan kelompok. Bagaimana deskripsi motivasi berafiliasi peserta didik kelas XI SMK Ma’arif NU Margasari Kabupaten Tegal setelah mengikuti layanan bimbingan kelompok. Permasalahan yang mendasar adalah peserta didik kelas XI SMK Ma’arif NU Margasari Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011 sebelum dan setelah mengikuti layanan bimbingan kelompok.
Tujuan penelitian adalah : Untuk memperoleh deskripsi motivasi berafiliasi peserta didik kelas XI SMK Ma’arif NU Margasari Kabupaten Tegal sebelum mengikuti layanan bimbingan kelompok. Motivasi berafiliasi peserta didik kelas XI SMK Ma’arif NU Margasari Kabupaten Tegal setelah mengikuti layanan bimbingan kelompok. Motivasi berafilias peserta didik kelas XI SMK Ma’arif NU Margasari Kabupaten Tegal sebelum dan setelah mengikuti layanan bimbingan kelompok”.
Dalam penelitian, jumlah populasi adalah 120 peserta didik, untuk sampel penelitian 25% dari jumlah populasi dan diperoleh sebanyak 30 peserta didik yang akan dijadikan sebagai sampel dengan menggunakan teknik propotional random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket sebagai metode utama, dan wawancara dan dokumentasi sebagai metode pelengkap. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif prosentase dan pearson product moment.
Dari hasil perhitungan data penelitian dengan menggunakan rumus Pearson Product Moment maka dapat diketahui bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara Meningkatkan Motivasi Berafiliasi Peserta Didik Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Peserta Pidik Kelas XI di SMK Ma’arif NU Margasari Tahun Pelajaran 2010/2011’’. Dari hasil perhitungan diatas menghasilkan nilai rhitung = 0,669 setelah dikonsultasikan dengan rtabel taraf signifikan 1% dan N 30 = 0,463. Maka rhitung (0,669) > rtabel (0,463) (TS 1%).
Berdasarkan hasil penelitian yang telah kami lakukan, maka penulis mengajukan saran-saran yaitu : Kepada sekolah agar dapat memberikan sarana dan fasilitas yang memadai sehingga akan membantu kinerja guru BK di sekolah. Kepada guru Bimbingan dan konseling (BK) disekolah dalam memberikan layanan kelompok untuk tidak pandang pilih. Bagi peserta didik bisa memanfaatkan layanan bimbingan kelompok untuk dapat menyelesaikan masalahnya secara bersama – sama, dan dapat bertukar pikir dengan yang lain. Dan kepada orang tua agar dapat ikut serta mendukung dan bekerja sama dengan pihak sekolah dalam mengawasi dan membimbing anaknya dirumah.
01108500866 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain