Skripsi
Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Berpendekatan Gestalt terhadap Peningkatan Rasa Percaya Diri Peserta Didik Kelas X Sekolah Pelayaran SMK Bahari Kota Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012
Kata Kunci: konseling kelompok berpendekatan gestalt dan kepercayaan diri.
Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh konseling kelompok berpendekatan gestalt terhadap peningkatan rasa percaya diri peserta didik. Tujuannya untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh konseling kelompok berpendekatan gestalt terhadap peningkatan rasa percaya diri peserta didik.
Sebagai populasi 172 peserta didik dengan sampel 10. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, interview/wawancara dan dokumentasi, uji validitas dalam penelitian ini menggunakan korelasi product moment, dan uji reliabilitas menggunakan rumus Sperman Brown, sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif persentase dan rumus t-test.
Dari hasil analisis deskriptif rasa percaya diri peserta didik sebelum pemberian layanan konseling kelompok berpendekatan gestalt dapat diketahui tingkat rasa percaya diri sebelum pemberian konseling kelompok berpendekatan gestalt tergolong dalam kategori cukup dan sangat tinggi (40%). Sedangkan hasil analisis deskriptif rasa percaya diri peserta didik sesudah pemberian layanan konseling kelompok berpendekatan gestalt dapat diketahui tingkat rasa percaya diri sebelum pemberian konseling kelompok berpendekatan gestalt tergolong dalam kategori tinggi dan sangat tinggi (30%). Hasil perhitungan uji t-test diketahui thitung lebih besar dari ttabel yaitu 5,183 > 2,262 yang berarti hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima.
Simpulan dalam penelitian ini adalah ada pengaruh konseling kelompok berpendakatan gestalt terhadap peningkatan kepercayaan diri peserta didik kelas X SMK Bahari Kota Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012. Saran yang dapat diajukan, peserta didik diharapkan tidak segan untuk konsultasi kepada guru BK, bagi guru BK hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai masukan untuk lebih memperhatikan masalah rasa percaya diri peserta didik.
1108501002 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain