Skripsi
Pengaruh Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan terhadap Pengembangan Kreatifitas pada peserta didik Kelas VIII SMP N 8 Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012
Kata Kunci : Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ,Pengembangan Kreatifitas
Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah berapa besar Pengaruh Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan terhadap Pengembangan Kreatifitas pada peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada dan tidaknya Pengaruh Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan terhadap Pengembangan Kreatifitas pada peserta didik.
Populasi dalam penelitian ini berjumlah 367 peserta didik, dengan sampel berjumlah 55 peserta didik yang didapat derngan cara random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Uji validitas dalam penelitian ini menggunakan kolerasi product moment, dan uji reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan product moment.
Pada variabel Pengaruh Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dalam kategori sangat rendah sebanyak 4 peserta didik (7,2%), kategori rendah sebanyak 8 peserta didik (14,5%), kategori kurang banyak 4 peserta didik (8%), kategori cukup sebanyak 18 peserta didik (32,7%), kategori tinggi 2 peserta didik (3,6%) dan kategori sangat tinggi sebanyak 1 peserta didik (1,8%).Kondisi tersebut menunjukan bahwa persepsi Pengaruh Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan pada sampel penelitian tergolong dalam kriteria baik, sedangkan Pengembangan Kreatifitas peserta didik dalam kategori sangat rendah sebanyak 10 peserta didik (18,1%), kategori rendah sebanyak 4 peserta didik (7,2%), kategori sangat cukup sebanyak 8 peserta didik (14,5%), kategori cukup sebanyak 11 peserta didik (20%),kategori sedang sebanyak 12 peserta didik (21,8%), kategori tinggi sebanyak 8 peserta didik (14,5%), dan kategori sangat tinggi sebanyak 2 peserta didik (3,6%).Kondisi tersebut menunjukan bahwa persepsi Pengembangan Kreatifitas peserta didik pada sampel penelitian tergolong dalam kategori baik. Dari data tersebut diperoleh rhitung sebesar 0,877 dimana rtabel pada taraf siqnifikan 5% dengan N 55 yaitu 0,381. Maka dapat disimpulkan bahwa rxy>rtabel atau 0,877>0,381 artinya terdapat Pengaruh Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan terhadap Pengembangan Kreatifitas pada peserta didik Kelas VIII SMP N 8 Tegal. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian ini diterima.
Simpulan yang dapat diambil dari penelitian ini bahwa adanya Pengaruh Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan terhadap Pengembangan Kreatifitas. Saran yang diharapkan agar Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan terhadap Pengembangan Kreatifitas peserta didik dipertahankan dan ditingkatkan lagi, pihak sekolah juga diharapkan dapat memberikan peranan yang baik dalam hal Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan terhadap Pengembangan Kreatifitas peserta didik khususnya dalam hal pembelajaran dan pergaulan.
1108501014 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain