Skripsi
HUBUNGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DENGAN KEMAMPUAN MENGAPRESIASI KARYA SASTRA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 SLAWI KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Karya sastra adalah karya seni yang berbicara tentang masalah hidup dan kehidupan, tentang manusia dan kemanusiaan yang menggunakan bahasa sebagai medianya. Seseorang mempunyai kreativitas tinggi tentu karena kemampuan berpikir kreatifnya tinggi, dan seseorang yang mempunyai kreativitas tinggi tentu aktivitasnya tinggi pula. Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan hubungan kemampuan berpikir kreatif dengan kemampuan mengapresiasi karya sastra pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Slawi Kabupaten Tegal.
Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan jumlah siswa kelas VII yaitu 358 siswa dengan sampel penelitian 39 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket, tes, dan dokumentasi. Uji validitas dalam penelitian ini menggunakan korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus sperman brown, sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif prosentase dan analisis statistik korelasi product moment.
Hasil penelitian pada variabel X menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa SMP Negeri 3 Slawi Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2011/2012 termasuk dalam kategori tinggi. Terbukti dari hasil penelitian dari 39 responden yang menjadi sampel penelitian diketahui: kategori sangat rendah sebanyak 1 responden (2,56%), kategori rendah sebanyak 4 responden (10,26%), kategori cukup sebanyak 8 responden (20,51%), kategori sedang sebanyak 8 responden (20,51%), kategori tinggi 15 responden (38,46%), dan kategori sangat tinggi 3 responden (7,69%). Sedangkan pada variabel Y menunjukkan bahwa kemampuan mengapresiasikan karya sastra siswa SMP Negeri 3 Slawi Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2011/2012 termasuk dalam kategori tinggi. Terbukti dari hasi penelitian dari 39 responden yang menjadi sampel penelitian diketahui: kategori sangat rendah sebanyak 1 responden (2,56%), kategori rendah sebanyak 6 responden (15,38%), kategori cukup sebanyak 8 responden (20,51%), kategori sedang sebanyak 8 responden (20,51%), kategori tinggi 12 responden (30,77%), dan kategori sangat tinggi 4 responden (10,26%). Berdasarkan hasil perhitungan statistik korelasi diperoleh rxy sebesar 0,414 dan setelah dikonsultasikan pada rtabel untuk N = 39 taraf signifikasi 5% = 0,316, maka rxy > rtabel, 0,414 > 0,316 yang berarti hipotesis penelitian (Ha) diterima.
Simpulan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan kemampuan berpikir kreatif dengan kemampuan mengapresiasi karya sastra pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Slawi Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2011/2012.
01508500991 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain