Skripsi
KEEFEKTIFAN PENDEKATAN RESOURCE BASED LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA
Tujuan dari penelitian ini adalah (1). Untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan prestasi antara pendekatan RBL dengan pendekatan konvensional pada Peserta Didik SMP Negeri 3 Randudongkal kelas VIII Semester II tahun 2011/2012. (2). Untuk mengetahui mana yang lebih efektif antara pendekatan RBL dengan pendekatan konvensional pada Peserta Didik SMP Negeri 3 Randudongkal kelas VIII Semester II tahun 2011/2012.
Populasi penelitian ini adalah kelas VIII tahun pelajaran 2011/2012 di SMP Negeri 3 Randudongkal Kabupaten Pemalang dengan jumlah 102 Peserta Didik yang terbagi dalam 3 kelas. Sampel penelitian diambil secara cluster random sampling. Kelas yang diambil sebagai sampel ada 2 kelas sampel dengan jumlah 34 Peserta Didik untuk masing-masing kelas. Kelas yang terpilih adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen (dengan pendekatan RBL) dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol (dengan pendekatan konvensional). Untuk menguji kevalidan dan reliabilitas instrumen, Terlebih dahulu instrumen diteskan kepada 34 Peserta Didik yang mempunyai kemampuan sama dengan sampel penelitian ini yaitu kelas VIII C. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan dokumentasi sedangkan analisis data menggunakan uji-t.
Hasil penelitian, dapat disimpulkan (1). Ada perbedaan prestasi antara pendekatan resource based learning dengan pendekatan konvensional pada peserta didik SMP Negeri 3 Randudongkal kelas VIII semester II tahun 2011/2012 pada materi pokok kubus dan balok. (2). Pendekatan resource based learning lebih efektif dibandingkan dengan pendekatan konvensional pada peserta didik SMP Negeri 3 Randudongkal kelas VII semester II tahun 2011/2012 pada materi kubus dan balok.
1707501020 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain