Skripsi
Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Sikap Kemandirian Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 3 Slawi Tahun Pelajaran 2011/2012
Kata kunci : Pengaruh, kecerdasan emosional, dan sikap kemandirian
Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosional peserta didik pada kelas VII SMP Negeri 3 Slawi tahun pelajaran 2011/2012, 2) untuk mengetahui sikap kemandirian peserta didik pada kelas VII SMPN 3 Slawi tahun pelajaran 2011/2012, 3) untuk mengetahui apakah kecerdasan emosional berpengaruh positif terhadap sikap kemandirian peserta didik pada kelas VII SMPN 3 Slawi tahun pelajaran 2011/2012.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik Kelas VII SMP Negeri 3 Slawi tahun pelajaran 2011/2012 sebanyak 358 peserta didik. Teknik sampling yang digunakan adalah proportional sampling. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah 10% dari seluruh populasi yang berjumlah 358 peserta didik sehingga didapat sampel penelitian sebesar 36 peserta didik. Variabel yang digunakan ada 2, yaitu: variabel bebas; adalah kecerdasan emosional, dan variabel terikat adalah sikap kemandirian peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket sebagai metode pokok dan dokumentasi dengan wawancara sebagai metode pendukung. Sedangkan teknik analisis data dengan metode analisis deskriptif dan analisis korelasi.
Dengan metode analisis deskriptif diperoleh hasil bahwa tingkat kecerdasan emosional peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Slawi Tahun Pelajaran 2011/2012 dalam kriteria sedang yaitu 36,11% sedangkan tingkat sikap kemandirian peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Slawi Tahun Pelajaran 2011/2012 dalam kriteria sedang yaitu 33,33%. Berdasarkan hasil perhitungan korelasi diperoleh rxy sebesar 0,531, dengan n = 36 taraf signifikasi 5% diperoleh rtabel = 0,329, maka rxy > rtabel atau 0,531 > 0,329, berarti hipotesis kerja (Ha) yang berbunyi “Ada pengaruh positif kecerdasan emosional terhadap sikap kemandirian peserta didik pada kelas VII SMPN 3 Slawi tahun pelajaran 2011/2012” dinyatakan diterima.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah kecerdasan emosional memiliki peranan dalam menumbuhkan sikap kemandirian peserta didik, jadi jika tingkat kecerdasan emosional peserta didik maka akan tinggi pula sikap kemandirian peserta didik. Saran yang dapat penulis sampaikan hendaknya peserta didik dapat melatih kecerdasan emosionalnya guna membentuk sikap kemandirian dalam diri peserta didik karena dengan kemadirian peserta didik yang mantap dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik.
01108500914 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain