Skripsi
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK KELAS XSMK MUHAMMADIYAH BULAKAMBAKABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Layanan Bimbingan dan Konseling merupakan satu langkah yang dijadikan upaya untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik yang berada di lingkungan sekolah, maupun di lingkungan yang lain di manapun mereka berada.
Permasalahan yang ditemukan dalam penelitian ini adalah:1) Bagaimana layanan bimbingan dan konseling peserta didik kelas X SMK Muhammadiyah Bulakamba Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012, 2) Bagaimana kedisiplinan peserta didik kelas X SMK Muhammadiyah Bulakamba Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012. 3) Bagaimana pengaruh Layanan bimbingan dan konseling berpengaruh terhadap kedisiplinan peserta didik kelas X SMK Muhammadiyah Bulakamba Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012. Tujuan penelitian adalah : 1) Ingin mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling pada peserta didik di SMK Muhammadiyah Bulakamba Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012, 2) Ingin mengetahui tingkat kedisiplinan peserta didik kelas X SMK Muhammadiyah Bulakamba Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012. 3) Ingin mengetahui pengaruh layanan bimbingan dan Konseling terhadap kedisiplinan peserta didik kelas X SMK Muhammdiyah Bulakamba Brebes.
Dalam penelitian, jumlah populasi adalah 336 peserta didik, untuk sampel penelitian 30 % dari jumlah populasi dan diperoleh sebanyak 50 peserta didik yang akan dijadikan sebagai sampel dengan menggunakan teknik propotional random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket sebagai metode utama, dan wawancara dan dokumentasi sebagai metode pelengkap. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif prosentase dengan teknik product moment. Dari hasil perhitungan data penelitian dengan menggunakan rumus Pearson Product Moment maka dapat diketahui bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara” Pengaruh Layanan Bimbingan dan konseling terhadap kedisiplinan peserta didik kelas X SMK Muhammadiyah Bulakamba Brebes Tahun Pelajaran 2012/2013’’. Dari hasil perhitungan diatas menghasilkan nilai rhitung = 0,967 setelah dikonsultasikan dengan rtabel taraf signifikan 1% dan N 50 = 0,361. Maka rhitung (0,967) > rtabel (0,361) (TS 1%).
Berdasarkan hasil penelitian yang telah kami lakukan, maka penulis mengajukan saran-saran yaitu : Kepala sekolah selalu memantau segala perilaku peserta didik guna mengetahui permasalahan yang dialami peserta didik termasuk permasalahan dalam perubahan tingkah laku. Kepada guru Bimbingan dan konseling (BK) disekolah dalam memberikan layanan tetap menjaga mutu layanan, sehingga dapat meningkatkan kedisiplinan peserta didik yang positif. Bagi peserta didik untuk mematuhi segala peraturan dan norma yang berlaku disekolah.
1108500869 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain