Skripsi
Efektifitas Layanan Bimbingan Belajar Berbasis Kelas Untuk Mengurangi Frekuensi Pelanggaran Tata Tertib Sekolah Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Bodeh Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013
Kata Kunci : Layanan Bimbingan Belajar Berbasis Kelas, Tata Tertib Sekolah
Pelaksanaan layanan bimbingan belajar berbasis kelas berpengaruh untuk mengurangi frekuensi pelanggaran tata tertib sekolah. Sehingga pelaksanaan layanan disekolah perlu diterapkan dengan efektif agar kedisplinan peserta didik terhadap tata tertib terbentuk dengan baik. Masalah yang muncul bagaimana pelaksanaan layanan bimbingan belajar berbasis kelas yang diterapkan, kedisplinan terhadap tata tertib sekolah setelah diberikan layanan, dan efektifitas layanan ini dapat untuk mengurangi frekuensi pelanggaran tata tertib sekolah.
Tujuannya adalah mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan belajar berbasis kelas yang sudah diterapkan, kedisplinan terhadap tata tertib sekolah setelah dilakuan layanan, dan efektifitas layanan bimbingan belajar berbasis kelas untuk mengurangi frekeunsi pelanggaran tata tertib sekolah di SMP Negeri 1 Bodeh Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013.
Sebagai populasi peserta didik kelas VIII SMP Negeri1 Bodeh Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013 berjumlah 278, sedangkan sampel 13% dari populasi sebanyak 36 peserta didik. Teknik sampel yang digunakan proportional random sampling dengan cara undian. Pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, dan interview. Uji validasi item menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Analisis data yang dgunakan uji beda atau t- test.
Berdasarkan hasil analisis perhitungan t-test, diperoleh thitung = 3,813 dan terletak pada interval mean 3,5 – 4,0 yang menunjukan kriterium sangat efektif. Nilai thitung tersebut kemudian di konsultasikan dengan ttabel dengan taraf signifikan 5% dengan N=36 , diperoleh ttabel = 1,684. Ternyata perolehan thitung = 3,813 > ttabel = 1,684 yang berarti hipotesis (Ha) dalam penelitian ini diterima.
Maka dapat disimpulkan, layanan bimbingan belajar berbasis kelas sangat efektif untuk mengurangi frekuensi pelanggaran tata tertib sekolah pada peserta didiik kelas VIII SMP Negeri 1 Bodeh Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013. Saran yang saya ajukan pelaksanaan layanan lebih baiknya jangan monoton didalam kelas tetapi diberikan di outdoor, sebaiknya peserta didiknya lebih memanfaatkan layanan bimbingan untukmeningkatkan kedisplinan diri dan tata tertib sekolah, serta baik guru pembimbing dan elemen sekolah mampu bekerja sama demi terciptanya lingkungan sekolah yang harmonis.
1109501153 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain