Skripsi
Efektifitas Model Layanan Bimbingan Klasikal Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VII MTs NU Wahid Hasyim Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013
Kata Kunci : Model Layanan Bimbingan Klasikal, Motivasi Belajar.
Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar peserta didik kelas VII di MTs NU Wahid Hasyim Talang Kabupaten Tegal.
Adapun tujuan penelitian untuk mengetahui ada atau tidaknya keefektifan model bimbingan klasikal terhadap peningkatan motivasi belajar peserta didik kelas VII MTs NU Wahid Hasyim Talang Kab. Tegal tahun pelajaran 2012/2013.
Sebagai populasi dalam penelitian ini berjumlah 288 peserta didik kelas VII MTs NU Wahid Hasyim Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2012/2013, dengan sampel berjumlah 28 peserta didik yang didapat dengan cara quota random sampling cluster yaitu peneliti mengambil sampel acak atau mencapur subjek-subjek didalam populasi sebesar 10% perkelas.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dan dokumentasi. Uji validitas dalam penelitian ini menggunakan korelasi product moment, dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskripsi prosentase dan uji korelasi product moment.
Dari hasil analisis data dapat diketahui bahwa nilai rhitung = 0,566, rtable = 0,374 dengan taraf signifikan 5% dengan N = 28, menunjukan bahwa nilai rhitung > rtable yaitu 0.566 > 0.374 yang artinya Ha dapat diterima “Ada Keefektifan Model Bimbingan Klasikal Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VII MTs NU Wahid Hasyim Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013.
Simpulan yang dapat diambil dari penelitian bahwa semakin baik model layanan bimbingan klasikal, maka semakin tinggi peningkatan motivasi belajar peserta didik kelas VII MTs NU Wahid Hasyim Talang Kabupaten Tegal tahun Pelajaran 2012/2013. Saran, model layanan bimbingan klasikal perlu diterapkan dalam program bimbingan dan konseling untuk menangani permasalahan peserta didik, terutama untuk pengembangan motivasi belajar sehingga akan mampu meningkatkan prestasi belajar peserta didik.
1109501267 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain