Penelitian
Efektivitas Strategi Pembelajaran Student Team Heroic Leadership dan Pemberian Tugas Terstruktur Terhadap Prestasi Belajar Mata Kuliah Analisis Real di Program Studi Pendidikan matematika FKIP Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Efektivitas, Strategi Student Team Heroic Leadership, Tugas Terstruktur, Prestasi Belajar
Analisis Real merupakan suatu mata kuliah yang mempelajari hal abstrak dan karakter mahasiswa yang baik diantaranya memiliki semanagat yang tinggi dalam memecahkan suatu masalah. Strategi Student Team Heroic Leadership yang dilengkapi tugas terstruktur menjadi salah satu alternatif strategi pembelajaran mata kuliah Analisis Real. Pembelajaran disusun dengan diawali pemberian tugas terstruktur, dalam hal ini biasa dikerjakan di rumah kemudian dilanjutkan dengan tatap muka di kelas diharapkan dapat mencapai tujuan lebih baik. Me lihat kondisi pembelajaran mata kuliah Analisis Real I, diusulkan dalam penelitian ini dilaksanakan pembelajaran mata kuliah Analisis Real I dengan Strategi Student Team Heroic Leadership yang dilengkapi Tugas Terstruktur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) apakah ada pengaruh ketrampilan proses dalam pembelajaran dengan menggunakan Strategi Student Team Heroic Leadeship yang dilengkapi Tugas Terstruktur terhadap prestasi belajar, (2) Apakah prestasi belajara dengan menggunakan strategi tersebut di atas lebih baik dari pada strategi pembelajaran konvensional.
Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester V yang terdiri dari lima kelas mahasiswa program studi Pendidikan matematika FKIP Universitas Pancasakti Tegal da nada 153 mahasiswa bukan mengulang. Sampel dilakukan dengan Cluter random sampling. Variable bebas adalah ketrampilan proses dan variable terikat prestasi belajar dengan strtegi Student Team Heroic Leadership yang dilengkapi Tugas Terstruktur. Cara pengambilan data dengan lembar pengamatan dan tes. Data yang diperoleh dideskriptfkan dan diolah dengan analisis uji t dengan bantuan program SPSS versi 16.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran mata kuliah Analisis Real I dengan Strategi Student Team Heroic Leadership yang dilengkapi Tugas Terstruktur (1) berpengaruh terhadap pre Tersstasi belajar mahasiswa dengan nilai R square = 41,5%, (2) Prestasi belajar dengan Strategi Student Team Heroic Leadership yang dilengkapi Tugas Terstruktur lebih baik dibandingkan strategi pembelajaran konvensional dengan nilai sig = 0,5% kurang dari 5%.
312013PEN | 370 ISN e C.1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain