Skripsi
Pengaruh IQ (Intelligence Quotient) dan Keaktifan Ekstrakurikuler terhadap Prestasi Belajar Matematika (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas XI Semester II SMA dan MA Negeri Se-Kecamatan Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013)
Kata Kunci :IQ (Intelligence Quotient), keaktifan Ekstrakurikuler, Prestasi
Penelitian bertujuan untuk menemukan berapa besar : 1) Pengaruh IQ (Intelligence Quotient) terhadap prestasi belajar matematika. 2) Pengaruh keaktifan ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar matematika dan 3) Pengaruh IQ (Intelligence Quotient) dan keaktifan ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar matematika.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI semester II SMA dan MA Negeri Se-Kecamatan Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013 yang aktif di ekstrakurikuler yaitu sebanyak 396 peserta didik yang terbagi dalam 4 SMA dan MA Negeri Se-Kecamatan Pemalang. Pengambilan sampel menggunakan teknik propotional sampling. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 35% dari setiap SMA dan MA Negeri Se-Kecamatan Pemalang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan angket. Instrumen penelitian berupa angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji regresi linear ganda, Sebelumnya data diuji dengan uji Liliefors dan uji Bartlet untuk mengetahui normalitas dan homogenitas data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Pengaruh IQ (Intelligence Quotient) terhadap prestasi belajar matematika peserta didik kelas XI semester II SMA dan MA Negeri Se-Kecamatan Pemalang tahun pelajaran 2012/2013 sebesar 59,34% sehingga pengaruhnya rendah. 2) Pengaruh keaktifan ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar matematika peserta didik kelas XI semester II SMA dan MA Negeri Se-Kecamatan Pemalang tahun pelajaran 2012/2013 sebesar 54,37% sehingga pengaruhnya rendah. 3) Pengaruh antara IQ (Intelligence Quotient dan keaktifan ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar matematika peserta didik kelas XI semester II SMA dan MA Negeri Se-Kecamatan Pemalang tahun pelajaran 2012/2013 sebesar 63,79% sehingga dapat dikatakan cukup berpengaruh. Diharapkan peserta didik harus lebih mengembangkan kecerdasannya dan mengatur waktu antara belajar dan kegiatan ekstrakurikuler.
1709501282 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain