Skripsi
Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) terhadap Prestasi Belajar Matematika ditinjau dari Kemampuan Penalaran Matematis Siswa (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 1 Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2012/2013)
Kata Kunci : keefektifan, model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI), kemampuan penalaran, prestasi belajar matematika
Permasalahan utama yang terjadi dalam pembelajaran pada pendidikan formal adalah masih rendahnya daya serap siswa. Hal ini tampak dari rerata prestasi belajar siswa yang masih sangat memprihatinkan. Untuk itu, perlu adanya proses pembelajaran yang mampu meningkatkan prestasi belajar siswa, salah satunya adalah dengan menerapkan model pembelajaran PBI. Adapun tujuan dari penelitian adalah untuk menganalisa : 1) perbedaan prestasi belajar siswa yang diajar dengan model PBI dengan siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional. 2) prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan model PBI lebih baik dari siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional yang mempunyai kemampuan penalaran tinggi. 3) prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan model PBI lebih baik dari siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional yang mempunyai kemampuan penalaran rendah.
Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A – VII D SMP Negeri 1 Wanasari Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 170 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan penalaran yang berbentuk uraian dan tes prestasi belajar yang berbentuk pilihan ganda. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji- t, dengan terlebih dahulu data diuji normalitas dan homogenitas menggunakan uji Liliefors dan Bartlett.
Hasil penelitian diperoleh : (1) Ada perbedaan prestasi belajar pada siswa yang diajar dengan model PBI dengan siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional dengan nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 64,485 dan kelas kontrol adalah 60,191. (2) Prestasi belajar matematika dengan kemampuan penalaran tinggi siswa yang diajar dengan model PBI lebih baik dari siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional, dengan nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 74,529 dan kelas kontrol adalah 68,912. (3) Prestasi belajar matematika dengan kemampuan penalaran rendah siswa yang diajar dengan model PBI lebih baik dari siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional, dengan nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 54,441 dan kelas kontrol adalah 51,471).
1709501191 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain