Skripsi
Kontribusi Status Sosial Ekonomi, Metode Pembelajaran dan Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika (Suatu Penelitian pada Peserta Didik Kelas X Semester Genap SMK Texmaco Pemalang Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013)
Kata Kunci : Kontribusi, Status Sosial Ekonomi, Metode Pembelajaran,Gaya Belajar, Prestasi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar adanya : (1) Kontribusi status sosial ekonomi terhadap prestasi belajar matematika kelas X SMK Texmaco Pemalang, (2) Kontribusi metode pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika kelas X SMK Texmaco Pemalang, (3) Kontribusi gaya belajar terhadap prestasi belajar matematika kelas X SMK Texmaco Pemalang, (4) Kontribusi status sosial ekonomi, model pembelajaran dan gaya belajar terhadap prestasi belajar matematika kelas X SMK Texmaco Pemalang.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X semester genap SMK Texmaco Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013 sebanyak 374 peserta didik yang terbagi dalam 8 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 140 peserta didik yaitu diperoleh dari kelas X Otomotif 2, X Garment 1, dan X TKJ 1. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur. Sebelumnya data diuji dengan uji Liliefors untuk mengetahui normalitas data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Status sosial ekonomi berkontribusi secara signifikan terhadap prestasi belajar matematika peserta didik kelas X SMK Texmaco Pemalang Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013 yakni sebesar 17,1 %, (2) Metode pembelajaran berkontribusi secara signifikan terhadap prestasi belajar matematika peserta didik kelas X SMK Texmaco Pemalang Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013 yakni sebesar 19 %, (3) Gaya belajar berkontribusi secara signifikan terhadap prestasi belajar matematika peserta didik kelas X SMK Texmaco Pemalang Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013 yakni sebesar 18,6 %, (4) Satus sosial ekonomi, metode pembelajaran dan gaya belajar berkontribusi secara signifikan terhadap prestasi belajar matematika peserta didik kelas X SMK Texmaco Pemalang Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013 yakni sebesar 12,9 %.
1709501156 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain