Skripsi
Pengaruh Strategi Learning Start with a Question (LSQ) terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa (Studi Penelitian pada Pokok Bahasan Logika Matematika bagi Siswa Kelas X Semester II SMA Negeri 3 Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013)
Kata Kunci : Learning Start with a Question (LSQ), Prestasi Belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Apakah ada perbedaan prestasi belajar matematika siswa yang diajarkan dengan strategi Learning Start with a Question (LSQ) dan Ekspositori setelah dikendalikan oleh kovariabel skor IQ pada pokok bahasan Logika Matematika bagi siswa kelas X semester II SMA Negeri 3 Tegal tahun pelajaran 2012/2013, (2) Manakah strategi pembelajaran yang memberikan pengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika antara Siswa yang diajarkan dengan strategi Learning Start with a Question (LSQ) dan Ekspositori setelah dikendalikan oleh kovariabel skor IQ pada pokok bahasan Logika Matematika bagi siswa kelas X semester II SMA Negeri 3 Tegal tahun pelajaran 2012/2013.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X semester 2 SMA Negeri 3 Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013 sebanyak 254 siswa yang terbagi dalam 8 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas X.1 dan kelas X.2 sebagai kelas ekperimen, kelas X.5 dan kelas X.6 sebagai kelas kontrol, dan kelas X.7 sebagai kelas uji coba. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan tes. Instrumen yang digunakan adalah tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis peragam (anakova) dengan skor IQ sebagai kovariat dan prestasi belajar matematika sebagai kriterium. Metode Scheffe digunakan sebagai uji lanjut dalam analisis kovarian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada perbedaan prestasi belajar matematika siswa yang diajarkan dengan strategi Learning Start with a Question (LSQ) dan Ekspositorisetelah dikendalikan oleh kovariabel skor IQ pada pokok bahasan Logika Matematika bagi siswa kelas X semester II SMA Negeri 3 Tegal tahun pelajaran 2012/2013, (2)Pembelajaran dengan strategi Learning Start with a Question memberikan pengaruh lebih positif dibandingkan dengan pembelajaran ekspositori setelah dikendalikan oleh kovariabel skor IQ pada pokok bahasan Logika Matematika bagi siswa kelas X semester II SMA Negeri 3 Tegal tahun pelajaran 2012/2013.
1709501284 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain