Skripsi
Keefektifan Model Pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Dan Satisfaction (ARIAS) Terhadap Keaktifan Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa (Suatu Penelitian Pada Siswa Kelas VII Semester II SMP Muhammadiyah 1 Kota Tegal Pada Materi Pokok Garis, Sudut, dan Segi Empat Tahun Pelajaran
Kata Kunci : Keefektifan, Model ARIAS, Keaktifan belajar, Prestasi belajar
Keaktifan belajar siswa merupakan unsur dasar yang penting bagi keberhasilan proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran matematika. Salah satu model pembelajaran yang tepat untuk mengembangkan keaktifan siswa agar berjalan dengan baik dan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment, dan Satisfaction (ARIAS). ARIAS adalah suatu model pembelajaran yang sederhana, sistematika, bermakna dan dapat digunakan oleh guru sebagai dasar untuk merangsang dan meningkatkan keaktifan serta prestasi belajar siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisa adanya perbedaan a keaktifan dan prestasi belajar matematika antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran ARIAS dan pembelajaran konvensional. Dan manakah yang lebih efektif antara model pembelajaran ARIAS dengan pembelajaran konvensional terhadap keaktifan dan prestasi belajar matematika pada siswa kelas VII semester II SMP Muhammadiyah 1 Tegal tahun pelajaran 2012/2013
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 1 Tegal dengan jumlah populasi 138 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling, terpilih kelas VII A dan VII E sebagai kelas eksperimen, VII B dan VII C sebagai kelas kontrol, dan VII D sebagai kelas uji coba. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes. Data dalam penelitian ini meliputi data keaktifan dan prestasi belajar siswa. Instrumen yang digunakan adalah observasi dan tes. Instrumen telah teruji validitas dan reliabilitas pada taraf signifikansi 5%. Analisis data menggunakan uji analisis varians multivariat satu arah (MANOVA ONE - WAY) dan T2- Hotelling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan keaktifan dan prestasi belajar matematika antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran ARIAS dengan pembelajaran konvensional. Keaktifan dan prestasi belajar matematika pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Tegal pada materi pokok garis, sudut, dan segi empat tahun pelajaran 2012/2013 yang diajar dengan model pembelajaran ARIAS lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional.
1709501195 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain