Skripsi
Pengaruh Kebiasaan Belajar Matematika dan Persepsi Siswa pada Matematika terhadap Prestasi Belajar Matematika (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas VII Semester II SMP se-Kecamatan Pekalongan Timur Tahun Pelajaran 2012/ 2013)
Kata Kunci: kebiasaan belajar matematika, persepsi siswa pada matematika, prestasi belajar matematika
Tujuan penelitian yang dilaksanakan pada siswa kelas VII semester II SMP se-Kecamatan Pekalongan Timur tahun pelajaran 2012/ 2013 adalah untuk mengetahui: (1) Besarnya pengaruh kebiasaan belajar matematika terhadap prestasi belajar matematika, (2) Besarnya pengaruh persepsi siswa pada matematika terhadap prestasi belajar matematika, (3) Besarnya pengaruh kebiasaan belajar matematika dan persepsi siswa pada matematika terhadap prestasi belajar matematika.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII semester II SMP se-Kecamatan Pekalongan Timur tahun pelajaran 2012/ 2013 sebanyak 1094 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 332 siswa yang diambil dengan teknik proporsional cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi dan angket. Data dianalisis dengan menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji regresi linear ganda
Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) Kebiasaan belajar matematika memiliki pengaruh sebesar 42,38% terhadap prestasi belajar matematika, (2) Persepsi siswa pada matematika memiliki pengaruh sebesar 37,99 % terhadap prestasi belajar matematika, (3) Kebiasaan belajar matematika dan persepsi siswa pada matematika secara simultan memiliki pengaruh sebesar 46,82% terhadap prestasi belajar matematika (4) Hasil penelitian ini memperkuat hasil penelitian sebelumnya bahwa siswa yang mempunyai kebiasaan belajar matematika yang baik dan persepsi terhadap matematikanya positif cenderung mempunyai prestasi belajar matematika yang baik pula.
1709501230 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain