Skripsi
Hubungan Tingkat Pendidikan Formal Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP N 1 Adiwerna Kabupaten Tegal pada Bidang Studi Pendidikan Kewarganegaraan Tahun Pelajaran 2012/2013
Kata Kunci : Tingkat Pendidikan Formal Orang Tua, Prestasi Belajar PKn
Penelitian ini membahas tentang hubungan tingkat pendidikan formal orang tua terhadap prestasi belajar siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara tingkat pendidikan formal orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Adiwerna Kabupaten Tegal pada Bidang Studi Pendidikan Kewarganegaraan. Sedang tujuanya yaitu untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara tingkat pendidikan formal orang tua terhadap prestasi belajar siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Adiwerna Kabupaten Tegal pada Bidang Studi Pendidikan Kewarganegaraan Tahun Pelajaran 2012/2013.
Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 1 Adiwerna tahun 2012/2013. Dalam penelitian ini penulis mengunakan pendekatan kuantitatif, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket dan dokumentasi. Uji validitas dengan mengunakan korelasi product moment dan uji realibilitas mengunakan rumus Spearman Brown dengan teknik belah dua. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini mengunakan korelasi product moment.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 1 Adiwerna sebanyak 128 yang tersebar dalam 4 kelas, karena populasinya lebih dari 100, maka dilakukan pengambilan sampel yaitu 25% dari total populasi. Pengambilan sampel yang berjumlah 32 siswa dilakukan dengan mengunakan teknik Proportional Stratified Random Sampling. Ada dua variabel yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu variabel bebes (tingkat pendidikan formal orang tua) dan variabel terikat (prestasi belajar PKn).
Dari hasil penelitian hipotesis yang diajukan Ha dapat diterima. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara tingkat pendidikan formal orang tua terhadap prestasi belajar. Dari hasil perhitungan bahwa koefisien korelasirhitung = 0.725dan pada taraf signifikan 1% hasilnya rhitung> rtabel = 0.725>0.449. Hal ini menunjukan adanya hubungan yan positif antara tingkat pendidikan formal orang tua terhadap prestasi prestasi belajar siswa Kelas VII pada Bidang Studi Pendidikan kewarganegaraan Tahun Pelajaran 2012/2013
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diambil kesimpulan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antaratingkat pendidikan formal orang tua terhadap prestasi prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Hal ini berarti semakin tinggi tingkat pendidikan formal orang tua maka semakin tinggi prestasi belajar yang dimiliki oleh siswa dan begitu pula sebaliknya.
1209500855 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain