Skripsi
Pengembangan Nilai-nilai Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Kegiatan Berorganisasi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII Di SMP Negeri 2 Pangkah Tahun Pelajaran 2013
Kata Kunci : Pengembangan Nilai-nilai Pendidikan Kewarganegaran, Organisasi
Penelitian ini membahas pengembangan nilai-nilai Pendidikan Kewarganegaraan dalam kegiatan berorganisasi untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Permasalahan penelitian ini adalah pengembangan nilai-nilai Pendidikan Kewarganegaraan dalam kegiatan berorganisasi untuk meningkatkan Prestasi belajar peserta didik pada hasil mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan memperoleh gambaran tentang pengembangan nilai-nilai Pendidikan Kewarganegaraan dalam kegiatan berorganisasi untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik.
Berdasarkan landasan teori, dalam penelitian ini nilai-nilai Pendidikan Kewarganegaraan dalam kegiatan berorganisasi diantaranya adalah nilai kereligiusan, nilai kejujuran, nilai kecerdasan, nilai ketangguhan, nilai kepedulian, nilai kedemokratisan, nilai nasionalisme, nilai kepatuhan pada aturan sosial, nilai kesadaran hak dan kewajiban diri dan orang lain, dapat dikembangkan melalui kegiatan ekstrakurikuler karena sangat berguna membentuk warga negara yang cerdas, terampil, berilmu serta bertanggung jawab seperti yang diharapkan pada Tujuan Pendidikan Nasional.
Metode dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, Sumber datanya adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pangkah, Wujud datanya adalah foto. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, Observasi, dan studi dokumen. Teknik analisis data menggunakan triangulasi, ketekunan pengamatan dan pengecekan teman sejawat. Penyajian hasil analisis menggunakan perumusan kata-kata dari paparan wujud tindakan, perkataan dan dokumentasi. Teknik penyajian hasil analisis menggunakan perumusan kata-kata.
Berdasarkan hasil penelitian, Nilai-nilai Pendidikan Kewarganegaraan yang dapat dikembangkan sejalan dengan kegiatan ekstrakurikuler, jenis kegiatan dilaksanakan sesuai Visi dan Misi sekolah.
Kesimpulannya adalah terdapat nilai-nilai Pendidikan Kewarganegaraan dalam setiap kegiatan ekstrakutikuler. Saran yang diberikan adalah guru diharapkan menjadikan pembelajaran terutama kegiatan ekstrakurikuler menjadi kegiatan yang bisa mengembangkan bakat dan kemampuan siswa sehingga dalam Pengembangan nilai-nilai pendidikan Kewarganegaraan bisa ditanamkan.
1209500804 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain