Skripsi
Studi Kolerasi Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Terhadap Kesadaran Sikap Nasionalisme Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Siwalan Tahun Pelajaran 2012/2013
Kata Kunci : Prestasi Belajar, Kesadaran Sikap Nasionalisme
Prestasi belajar merupakan tingkat kemampuan yang dimiliki siswa dalam menerima, menolak dan menilai informasi-informasi yang diperoleh dalam proses belajar mengajar. Sedangkan Sikap Nasionalisme adalah sikap cinta tanah air dimana mencintai dan membangun tanah air menjadi baik yang dilakukan secara sadar dari diri sendiri demi Nusa dan Bangsanya. Rumusan masalah penelitian ini yaitu apakah ada hubungan prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan terhadap Kesadaran Sikap Nasionalisme. Tujuan Penelitian ini untuk menguji hipotesis penelitian. Sedangkan menfaat penelitian ini sebagai sumbangan pemikiran akan pentingnya prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan terhadap Kesadaran Sikap Nasionalisme.
Landasan teori dalam penelitian ini beberapa para ahli berpendapat belajar merupakan suatu perilaku dengan melalui proses internal yang kompleks sehingga diharapkan memiliki keterampilan, pengetahuan, sikap dan nilai. Hipotesis penelitian ini berbunyi “Terdapat hubungan yang positif dan signifikan prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan terhadap Kesadaran Sikap Nasionalisme Siswa Kelas VIII. SMP Negeri 1 Siwalan Tahun Pelajaran 2012/2013”. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas VIII sejumlah 245 siswa dan sampel penelitian 62 siswa dengan teknik proportionate stratifed random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner, tes prestasi belajar, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan yaitu dengan product moment dan uji t untuk mencarai hubungan (kolerasi) dan signifikan.
Hasil penelitian pengelolaan data dilakukan secara statistik kemudian ditemukan rxy sebesar 0,771 dan rtabel pada ά 1 % untuk N = 62, yaitu sebesar 0,330. Ternyata rhitung > rtabel = 0,771 > 0,330 sehingga Ho ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dari hasil perhitungan uji t didapat thitung sebesar 9,38 dengan ttabel dengan uji dua fihak n - 2 (62 - 2) = 60 sebesar 2,660 karena thitung > ttabel (9,38 > 2,660 ) jadi dapat dikatakan bahwa prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) mempunyai hubungan yang positif dan signifikan terhadap Kesadaran Sikap Nasionalisme. Saran yang bisa diberikan penulis sangat perlu sekali bagi guru mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan selalu mentrasfer ilmunya di dalam belajar mengajar serta membimbing kepada siswanya untuk selalu menanamkan jiwa Nasionalisme pada diri siswa dalam kehidupan sehari baik dilingkungan keluarga, sekolah, masyarakat serta berbangsa dan bernegara.
1209500850 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain