Skripsi
Peran Bimbingan Pribadi Terhadap Perencanaan Karir Peserta Didik Kelas XI SMA PGRI BREBES Tahun Pelajaran 2012/2013
Kata Kunci : Bimbingan Pribadi, Perencanaan Karir
Layanan bimbingan pribadi dapat dilakukan melalui layanan konseling individu. Bimbingan pribadi sangat penting untuk membantu peserta didik dalam memahami keadaan dirinya baik fisik maupun psikis, memahami akan makna diri sebagai makhluk Tuhan serta pemahaman akan segala kelebihan dan potensi diri yang dimiliki demii tercapainya kualitas hidup lebih baik.
Permasalahan penelitian ini adalah, bagaimanakah pengaruh yang signifikan layanan bimbingan pribadi terhadap perencanaan karir pada peserta didik kelas XI SMA PGRI Brebes Tahun Pelajaran 2012/2013, tujuan penelitian untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh layanan bimbingan pribadi terhadap perencanaan karir pada peserta didik kelas XI SMA PGRI Brebes Tahun Pelajaran 2012/2013.
Populasi penelitian ini adalah 108 peserta didik kelas XI SMA PRGI Brebes Tahun Pelajaran 2012/2013, dengan sampel berjumlah 27, mengambil sampel 25% dari jumlah populasi dengan teknik pengambilan sampel random atau dengan cara acak, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket sedangkan sebagai teknik pengumpulan data pendukung yaitu observasi dan dokumentasi. Uji validitas dalam penelitian ini menggunakan korelasi product moment, dan uji reabilitas menggunakan rumus Spearman-Brown. Seluruh item
Angket telah valid dan reliable, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif prosentase serta menggunakan person product moment.
Hasil perhitungan data penelitian dengan menggunakan rumus Person Product Moment dapat diketahui, bahwa terdapat pengaruh yang signifikan layanan bimbingan pribadi terhadap perencanaan karir peserta didik kelas XI SMA PGRI Brebes tahun pelajaran 2012/2013, Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan rhitung = 0,620 dikonsultasikan dengan nilai r tabel pada taraf signifikan 5% dengan julah sampel N= 27 maka diperoleh r tabel = 0,361. Maka, jika rhitung>rtabel yaitu 0,638>0,361 sehingga hipotesis Ha diterima.
Saran yang diajukan agar layanan konseling pribadi perlu ditingkatkan lagi dalam membantu peserta didik untuk meningkatkan perencanaan karir.
1109501384 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain