Skripsi
Keefektifan Layanan Informasi Karir Dengan Media Visual Dalam Pengembangan Pemahaman Peserta Didik Tentang Pemilihan Jurusan di Kelas X SMA Negeri 3 Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013
Kata kunci :Layanan informasi, media visual, pemilihan jurusan
Pemilihan jurusan merupakan salah satu perencanaan karier yang pertama dilakukan oleh peserta didik SMA. Proses pemilihan jurusan tidaklah hanya sekedar memilih, melainkan memilih jurusan yang sesuai dengan potensi peserta didik yaitu berdasarkan bakat dan minat yang ditunjang oleh beberapa faktor lain. Ada beberapa cara untuk mengembangkan pemahaman peserta didik dalam pemilihan jurusan, salah satunya melalui layanan informasi karier dengan media visual. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah kemampuanpPeserta didik dapat dikembangkan melalui layanan informasi karier dengan media visual pada peserta didik kelas X SMA Negeri 3 Pemalang tahun pelajaran 2012/2013?
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Populasi semua kelas X. Teknik pengambilan sempelnya menggunakan teknik simple random sampling. Karena memberikan peluang yang sama bagi setiap unsur (anggota) populasi untuk dipilih menjadi anggota sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan alat instrumen layanan informasi karir dan pemahaman pemilihan jurusan. Instrumen tersebut telah diujicobakan untuk digunakan dalam penelitian. Teknik analisa data menggunakan teknik analisis deskriptif presentase dan t-tes (uji beda).
Berdasarkan hasil menunjukkan bahwa sebelum mendapatkan pemberian layanan informasi karir dengan media visual termasuk dalam kategori cukup efektif dengan presentase 57,5% dan sesudah mendapatkan layanan informasi karir dengan media visual presentase menjadi 97,5% termasuk dalam kategori sangat efektif. dengan demikian mengalami peningkatan sebesar 40%. Hasil uji t-tes (beda) menunjukan bahwa nilai diperoleh thitung = 14,945 > ttabel 2,423, Maka hasilnya signifikan, yaitu terdapat perbedaan antara hasil sebelum dan sesudah mendapatkan layanan informasi karir dengan media visual, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, hal ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman peserta didik sebelum dan sesudah diberikan layanan, oleh karena itu hipotesis yang diajukan dapat diterima. berarti layanan informasi karir dengan media visual sangat efektif untuk mengembangkan pemahaman peserta didik dalam pemilihan jurusan.
Simpulan layanan informasi karir dengan media visual sangat efektif untuk mengembangkan pemahaman peserta didik dalam pemilihan jurusan di kelas X SMA Negeri 3 Pemalang. Saran : Melalui layanan informasi karir dengan media visual diharapkan peserta didik mampu merencanakan masa depan secara tepat sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.
1109501312 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain