Skripsi
Pengaruh Kecemasan (Anxiety) terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas V SD Negeri 02 Sumberharjo Pemalang Tahun Pelajaran 2012 / 2013
Kata Kunci : kecemasan, prestasi belajar
Penelitian ini membahas pengaruh kecemasan terhadap prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pngaruh kecemasan terhadap prestasi belajar peserta didik Kelas V SD Negeri 02 Sumberharjo Kabupaten Pemalang. Populasi dalam penelitian ini adalah 43 peserta didik dengan sampel berjumlah 43 peserta didik sehingga dinamakan penelitian sensus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Uji validitas penelitian ini menggunakan korelasi product moment dan uji reliabilitasnya menggunakan rumus Alpha, sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan korelasi deskriptif prosentase, korelasi product moment, dan regresi sederhana.
Dalam penelitian ini variabel kecemasan peserta didik Kelas V SD Negeri 02 Sumberharjo Kabupaten Pemalang terdapat 5 peserta didik ( 11%) dalam kategori sangat rendah, 2 peserta didik ( 5%) dalam kategori kurang, 9 peserta didik ( 21%) dalam kategori sedang, 22 peserta didik ( 51%) dalam kategori tinggi, dan 5 peserta didik ( 12%) dalam kategori sangat tinggi. Jadi dapat dikatakan bahwa kecemasan peserta didik dalam kategori tinggi. Sedangkan variabel prestasi belajar terdapat 4 peserta didik (9%) dalam kategori sangat rendah, 2 peserta didik ( 5%) dalam kategori kurang, 8 peserta didik ( 19%) dalam kategori sedang, 22 peserta didik ( 51%) dalam kategori tinggi, dan 7 peserta didik ( 16%) dalam kategori sangat tinggi. Dengan demikian prestasi belajar peserta didik dalam kategori tinggi. Dari data tersebut dapat diperoleh rxy = 0,823 setelah dikonsultasikan dengan rtabel untuk N = 43 taraf signifikan 5%= 0,301. Sedangkan thitung sebesar 9,24 dan setelah dikonsultasikan pada ttabel untuk N = 43 taraf signifikan 5% = 1,682, maka thitung > ttabel yaitu 9,24 > 1,682 yang berarti Ho ditolak dan Ha ditrima.
Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah bahwa kecemasan berpengaruh negatif terhadap prestasi belajar peserta didik. Saran dari penulis hendaknya peserta didik dapat meningkatkan minat belajarnya sehingga prestasi belajarnya dapat meningkat lagi.
01109501333 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain