Skripsi
Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing Terhadap Rasa Percaya Diri Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Kersana Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2012/2013
Kata Kunci : Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role Playing dan Rasa Percaya Diri.
Penelitian dilatar belakangi oleh kurangnya rasa percaya diri peserta didik khususnya di lingkungan sekolah, baik dalam kegiatan belajar mengajar maupun di kegiatan bimbingan dan konseling. Dalam kegiatan belajar mengajar akan lebih aktif jika adanya pertanyaan dari masing – masing peserta didik yang belum paham. Percaya diri merupakan salah satu cara untuk mewujudkan tujuan hidup,
Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing terhadap rasa percaya diri peserta didik. Tujuannya untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing terhadap rasa percaya diri peserta didik.
Populasi dalam penelitian ini adalahh 30peserta didik yang terdiri atas 5 kelas dari kelas VIII.Data mengenai variabel layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing dan rasa percaya diri dilakukan dengan metode angket, observasi, dan dokumentasi. Uji variabel dalam penelitian ini menggunakan korelasi procuct moment, dan reliabilitas menggunakan rumus Spearmen Brown, sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif persentase dan rumus korelasi procuct moment
Dalam uji coba try out semuanya dapat dinyatakan valid dengan rtabel 0,444. Variabel x dinyatakan reliabel dengan hasil 0,852 dan variabel y dinyatakan reliabel dengan hasil 0,888. Hal ini bisa dibuktikan dari hasil perhitungan analisis statistik diperoleh nilai rhitung sebesar 0,485. Harga rhitung tersebut dikonsultasikan dengan harga rtabel N = 30 taraf signifikan 5% sebesar 0361. Hasilnya adalah rhitung> rtabel pada taraf signifikan 5% atau 0,485> 0,361.Hal ini berarti bahwa hipotesis yang diajukan terbukti atau dapat diterima dan signifikan.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara pelayanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing terhadap rasa percaya diri peserta didik kelas VIII SMP Negeri Kersana smp negeri 3 kersana Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2012/2013. Saran dalam penelitian ini perlu ditingkatkannya pelayanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing, perlu ditingkatkan kepercayaan diri peserta didik di sekolah. Kontribusi yang diberikan pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing terhadap rasa percaya diri 23,5% dan faktor-faktor lain yang tidak diketahui 26,5%.
1109501230 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain