Skripsi
Keefektifan layanan konseling kelompok dalam mengurangi perilaku agresif pada peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Banjarharjo Tahun Pelajaran 2012/2013
Kata Kunci: Konseling Kelornpok dan perilaku agresif
Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah layanan konseling kelompok Pada Peserta didik kelas VIII di SMP N 2 Banjarharjo Tahun Pelajaran 2012/2013, bagaimanakah perilaku agresif pada peserta didik kelas VIII SMP N 2 Banjarharjo Tahun Pelajaran 2012/2013, Apakah ada pengaruh antara layanan konseling kelompok dalam mengurangi perilaku agresif pada peserta didik kelas VIII SMP N 2 Banjarharjo Tahun Pelajaran 2012/2013.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pelaksanaan layanan konseling kelompok, perilaku agresif pada peserta didik, Apakah ada perigaruh yang signifikan antara layanan konseling kelompok dalam mengurangi perilaku agresif pada peserta didik kelas VIII SMP N 2 Banjarharjo Tahun Pelajaran 2012/2013.
Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP N 2 Banjarharjo Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 200 peserta didik, maka untuk pengambilan sampel sejumlah 40 peserta didik. Adapun teknik sampling yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah teknik random sampling dengan alasan agar tiap-tiap sub populasi terwakilii dalam penelitian ini. Variabel penelitian adalah konseling kelompok (variabel bebas) dan perilaku agresif (variabel terikat). Kedua variabel tersebut menggunakan alat pengumpulan data berupa angket, interview dan dokumentasi. Uji validasi item dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan Uji reliabilitas menggunakan sperman brown. Teknik analisis data menggunakan product moment.
Berdasarkan hasil analisis data di atas diperoleh Hasil rhitung (korelasi rxy) sebesar 0.841 ternyata lebih besar dari rtabel dengan N = 40 taraf signifikansi 5% diperoleh rtabel 0,312 Sehingga dengan demikian rhitung> r tabel (0,841>0,312). Karna rhitung lebih hesar dari nilai rtabel, maka dalam penelitian ini mengemukakan bahwa “Tidak Ada efektifitas layanan konseling, kelompok terhadap perilaku agresif Pada Peserta didik", ditolak. Hal ini berarti menerima hipotesis kerja (Ha) yang mengemukakan "Ada efektifitas layanan konseling kelompok terhadap perilaku agresif Pada Peserta didik.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penelitian ini adalah terdapat Keefektifan layanan konseling kelompok dalam mengurangi perilaku agresif pada peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Banjarharjo Tahun Pelajaran 2012/2013. Saran bagi Bahan layanan konseling kelompok dalam kategori cukup, maka pelaksanaanya perlu ditingkatkan menjadi kategori tinggi.
1108501004 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain