Skripsi
PengembanganModelBimbingan Belajar Dengan Teknik Permainan Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas X SMA N 1 Balapulang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013
Kata Kunci : Pengembangan model Bimbingan Belajar dengan Teknik Permainan dan Minat Belajar
Bimbingan belajar dengan teknik permainan sangat berpengaruh terhadap minat belajar peserta didik, sehingga perlu diterapkan secara efektif untuk mengurangi kejenuhan belajar yang dialami peserta didik agar minat belajar peserta didik lebih meningkat, Masalah yang muncul bagaimana penerapan pengembangan model bimbingan belajar dengan teknik permainan sebelum dan sesudah diberikan dalam menigkatkan minat belajar peserta didik.
Tujuan, untuk mengetahui penerapan pengembangan model bimbingan belajar dengan teknik permainan sebelum dan sesudah diberikan dalam menigkatkan minat belajar peserta didik.
Sebagai populasi peserta didik kelas X SMA N 1 Balapulang Tahun Pelajaran 2012/2013 berjumlah 304 peserta didik, sedangkan sampel 15% dari jumlah populasi yaitu 45 peserta didik. Teknik sampling yang digunakan propotional clusterrandom sampling. Pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan deskriptif prosentase, deskriptif prosentase dan T-test.
Dari hasil analisis data diketahui ada peningkatan minat belajar peserta didik dari 26,6 % menjadi 28,8% dan dikonsultasikan pada taraf signifikan 5%, maka t hitung = 8,989. Hasil tersebut kemudian dikonsultasikan dengan t tabel dengan jumlah responden N = 45 taraf signifikan 5 % ternyata nilai t hitung hasilnya lebih besar dari t tabel yaitu 8,989 > 1,671. Hal ini berarti menenerima hipotesis kerja penerapan pengembangan model bimbingan belajar dengan teknik permainan dapat meningkatkan minat belajar peserta didik.
Maka dapat disimpulkan ada pengaruh secara signifikan pengembangan model bimbingan belajar dengan teknik permainan dalam meningkatkan minat belajar peserta didik Kelas X SMA N 1 Balapulang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013.
Dengan demikian penulis memberikan saran minat belajar peserta didik yang masih kurang, perlu ditingkatkan melalui bimbingan belajar dengan teknik permainan, minat belajar yang sudah tinggi perlu dipertahankan dan ditingkatkan, bimbingan belajar dengan teknik permainan diberikan secara variasi dalam penyampaian materi agar peserta didik tidak merasa bosan sehingga minat belajar menjadi meningkat.
1109501145 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain