Skripsi
Pengaruh Kecerdasan Musikal terhadap Perkembangan Emosi Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 6 Taman Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013
Kata Kunci: pengaruh, kecerdasan musikal, dan perkembangan emosi
Penelitian ini dilatarbelakangi tidak sedikit peserta didik tidak dapat mengendalikan emosi dengan baik, sehingga timbullah ketegangan-ketegangan emosi seperti mudah marah, penakut, semaunya sendiri, dan lain-lain. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan kecerdasan musikal terhadap perkembangan emosi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 6 Taman Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2012/2013.
Populasi penelitian sebanyak 187 peserta didik, sampel diambil 25% dari populasi yaitu 47 peserta didik. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kecerdasan musikal sedangkana variabel terikatnya adalah perkembangan emosi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Guna menjawab hipotesis, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif prosentase dan analisis statistik korelasi product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan musikal peserta didik termasuk dalam kategori sedang, terbukti dari analisis deskriptif variabel X skor angket dari 47 sampel penelitian paling banyak mendapat skor antara 61-65 yaitu 17 responden (36,17%). Sedangkan perkembangan emosi peserta didik termasuk dalam kategori sedang, terbukti dari analisis deskriptif variabel X skor angket dari 47 sampel penelitian paling banyak mendapat skor antara 68-70 yaitu 16 peserta didik (34,04%). Data tersebut kemudian dilakukan analisis korelasi product moment diperoleh rxy = 0,432, pada rtabel untuk n = 47 taraf signifikasi 5% diperoleh rtabel = 0,288, maka rxy > rtabel atau 0,432 > 0,288 sehingga hipotesis penelitian (Ha) dinyatakan diterima. Kontribusi atau besarnya pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar (0,432)² x 100% = 18,64% sedangkan 81,36% dipengaruhi faktor lain yang tidak penulis teliti.
Dengan demikian dapat penulis simpulkan ada pengaruh positif dan signifikan kecerdasan musikal terhadap perkembangan emosi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 6 Taman Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2012/2013. Saran yang dapat penulis sampaikan diharapkan guru pembimbing dapat memberikan bimbingan guna meningkatkan kecerdasan musikal peserta didik karena kecerdasan musikal perkembangan emosi peserta didik karena dengan emosi peserta didik yang terkontrol akan menjadikan suasana harmonis di sekolah.
1109501257 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain