Skripsi
Layanan Bimbingan dan Konseling Terhadap Pengembangan Peserta Didik Berbakat kelas VII SMP Negeri 8 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013
Kata kunci : Layanan Bimbingan dan Konseling, Pengembangan Peserta Didik Berbakat.
Layanan Bimbingan dan Konseling merupakan satu langkah yang dijadikan supaya untuk meningkatkan keberbakatan peserta didik yang berada di lingkungan sekolah.
Permasalahan yang ditemukan dalam Penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Layanan Bimbingan dan Konseling Peserta Didik, 2) Bagaimana Pelaksanaan Pengembangan Peserta Didik Berbakat, 3) Bagaimana Peran Layanan Bimbingan dan Konseling Terhadap Pengembangan Peserta Didik Berbakat Kelas VII SMP Negeri 8 Tegal tahun pelajaran 2012/2013. Tujuan penelitian adalah: 1) Mengetahui Layanan Bimbingan dan Konseling Peserta, 2) Mengetahui Pelaksanaan Pengembangan Peserta Didik Berbakat, 3) Mengetahui Peran layanan Bimbingan dan Konseling Terhadap Pengembangan peserta Didik Berbakat kelas VII SMP Negeri 8 Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013.
Dalam penelitian, jumlah populasi adalah 189 peserta didik, untuk sampel penelitian 20% dari jumlah populasi dan diperoleh sebanyak 36 peserta didik yang akan dijadikan sebagai sampel dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket sebagai metode utama, wawancara dan dokumentasi sebagai pelengkap. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif prosentase dengan teknik product moment maka dapat diketahui bahwa terdapat antara “Layanan Bimbingan dan Konseling Terhadap pengembangan Peserta Didik Berbakat Kelas VII SMP Negeri 8 Tegal tahun pelajaran 2012/2013”.
Hasil tryout N 30 = 0,361 perhitungan reliabilitas Layanan Bimbingan dan Konseling di dapatkan 0,755 dan perhitungan reliabilitas variabel Pengembangan Peserta Didik Berbakat di dapatkan 0,624. Dengan demikian hasil tryout variabel layanan bimbingan dan konseling terhadap pengembangan peserta didik berbakat dikatakan reliabel sedangkan Dari hasil analisis data perhitungan diatas menghasilkan rhitung= 0,895 setelah dikonsultasikan dengan rtabel taraf signifikan 5% dan N 36 = 0,325. Maka rhitung (0,895) > rtabel (0,325) (TS 5%).
Berdasarkan hasil penelitian yang telah peneliti lakukan, maka penulis mengajukan saran-saran yaitu : Pihak sekolah hendaknya meningkatkan kualitas pelaksanaan bimbingan dan konseling sehingga mampu meningkatkan peran aktif peserta didik dalam layanan bimbingan dan konseling guna mengembangkan keberbakatan peserta didik.
1109501258 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain