Skripsi
EFEKTIFITAS KOMUNIKASI ANAK DENGAN ORANG TUA DALAM PENERIMAAN DIRI ( SELF ACCEPTANCE ) PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP N 1 BOJONG KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Kata kunci : Komunikasi Anak, Penerimaan Diri.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh komunikasi anak dengan orang tua yang belum berjalan dengan baik dan kurangnya pemahaman terhadap diri peserta didik. Sehingga rumusan masalahnya adalah bagaimana komunikasi anak dengan orang tua, penerimaan diri, dan seberapa efektifkah komunikasi antara anak dengan orang tua dalam penerimaan diri?, dengan tujuan untuk mengetahui komunikasi anak dengan orang tua, penerimaan diri, dan seberapa efektif komunikasi antara anak dengan orang tua dalam penerimaan diri pada peserta didik Kelas VIII SMP N 1 Bojong Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013.
Untuk berbagai data yang peneliti lakukan didukung oleh teori komunikasi, faktor-faktor yang mempengaruhi komunikasi keluarga, pola komunikasi dalam keluarga, penerimaan diri, faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan diri dan aspek-aspek penerimaan diri.
Sebagai populasi peserta didik Kelas VIII SMP N 1 Bojong berjumlah 313, pengambilan sampel 13% dengan teknik proportional random sampling terdata 40 peserta didik. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas komunikasi anak dengan orang tua dan variabel terikat penerimaan diri peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan angket, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan statistik deskriptif prosentase dan korelasi menggunakan rumus korelasi Product Moment. Hasil uji coba keseluruhan item dalam instrument penelitian dengan jumlah 50 terdapat 2 item yang tidak valid sehingga total item yang digunakan dalam penelitian berjumlah 48.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi anak dengan orang tua berjalan cukup baik dengan hasil sebesar 30%, penerimaan diri peserta didik sudah baik dengan hasil sebesar 27,5%. Komunikasi anak dengan orang tua dalam penerimaan diri peserta didik menunjukan cukup efektif, dibuktikan dengan hasil angket yang diisi oleh peserta didik kelas VIII dengan hasil penghitungan menggunakan rumus correlation product moment, diperoleh angka sebesar 0,555 > 0.312 kemudian dikonsultasikan pada tabel konvensional kriteria efektifitas, rhitung = 0,555 berada diantara 0,41 sampai dengan 0,70.
Saran dari penulis: komunikasi anak dengan orang tua perlu ditingkatkan lagi menjadi baik atau sangat baik, sehingga permasalahan, kesulitan atau apapun yang dialami mendapat arahan dari orang tua. Penerimaan diri peserta didik perlu ditingkatkan lagi dengan senantiasa menumbuhkan perasaan suka pada diri. Peserta didik (sebagai anak) dapat memperbaiki, menjalin dan menjaga komunikasi yang baik dengan orang tua agar dapat menerima diri dengan baik.
1109501141 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain