Skripsi
Studi Deskriptif Pelaksanaan Program layanan Bimbingan dan Konseling Pada Peserta Didik Kelas Vlll SMP NU 01 hasyim Asy’ari Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013
Kata Kunci : Pelaksanaan Program Layanan Bimbingan Konseling
Latar belakang dalam penelitian ini didasari program bimbingan dan konseling yang belum optimal karena keterbatasan guru BK sendiri dan kurangnya implikasi dari guru mata pelajaran yang memahami peran dan fungsinya dalam program bimbingan dan konseling.
Berangkat dari wacana tersebut diatas, maka penulis melakukan penelitian pada objek tersebut . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Mendeskripsikan pelaksanaan program layanan bimbingan Pribadi konseling pada peserta didik kelas VIII SMP NU 01Hasyim Asy’ari Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan program layanan bimbingan sosial konseling pada peserta didik kelas VIII SMP NU 01Hasyim Asy’ari Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013. 3) Mendeskripsikan pelaksanaan program layanan bimbingan belajar konseling pada peserta didik kelas VIII SMP NU 01Hasyim Asy’ari Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013. 4) Mendeskripsikan pelaksanaan program layanan bimbingan Karir konseling pada peserta didik kelas VIII SMP NU 01Hasyim Asy’ari Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal.
Pendekatan penelitian menggunakan penelitian kuantitatif , desain penelitian dengan metode non eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP NU 01Hasyim Asy’ari Kecamatan Tarub Kabupaten Tegalberjumlah 407 peserta didik , yang terdiri dari peserta didik laki-laki 215 dan peserta didik perempuan 192. Sampel dalam penelitian ini adalah 40 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan rumus deskriptif presentase.
Dari hasil analisis data di ketahui adanya Studi Deskriptif pelaksanaan program layanan bimbingan konseling pada peserta didik kelas VIII SMP NU 01Hasyim Asy’ari Tarub dengan di peroleh bimbingan pribadi dalam kriteria baik (42,5%), bimbingan sosial dalam criteria baik (30,0%), bimbingan belajar dakam criteria cukup (30,0%), bimbingan karir dalam criteria baik (32,5%).
Saran yang dapat di samapaikan dari hasil penelitian ini adalah pelaksanaan program layanan bimbingan dan konseling belajar baik perlu di tingkatkan lagi, guna tercapainya prestasi belajar.
1109501400 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain