Skripsi
Efektivitas Layanan Bimbingan Konseling Pribadi Terhadap Perubahan Tingkah Laku Peserta Didik Kelas XI SMK Bhakti Praja Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013
Kata kunci : Bimbingan Konseling Pribadi, Perubahan Tingkah Laku
Latar belakang dalam penelitian ini didasari dari perilaku peserta didik yang masih tergolong labil, karena pada fase ini mereka sedang menginjak remaja jadi belum mengetahui bagaimana mengontrol atau mengendalikan emosi dan perasaannya untuk itu layanan bimbingan konseling pribadi digunakan sebagai media untuk perubahan tingkah laku kearah yang lebih baik.
Berangkat dari wacana tersebut di atas, maka penulis melakukan penelitian pada objek tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Ingin mengetahui perubahan tingkah laku peserta didik Kelas XI SMK Bhakti Praja Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013 terhadap Bimbingan dan Konseling di sekolah sebelum dilakukan layanan pribadi.2) Untuk mengetahui perubahan tingkah laku peserta didik Kelas XI SMK Bhakti Praja Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013 terhadap Bimbingan dan Konseling di sekolah sesudah dilakukan layanan pribadi. 3) Untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan konseling pribadi terhadap perubahan tingkah laku peserta didik Kelas XI SMK Bhakti Praja Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013.
Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, desain penelitian dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMK Bhakti Praja Talang Kabupaten Tegal berjumlah 149 peserta didik dari 5 kelas, yang terdiri dari peserta didik laki-laki 19 dan peserta didik perempuan 130. Sampel dalam penelitian ini adal 35 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus t-test.
Dari hasil analisis data diketahui adanya efektivitas layanan bimbingan konseling pribadi terhadap perubahan tingkah laku peserta didik Kelas XI SMK Bhakti Praja Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012 yang diperoleh angka teoritik thtung sebesar 8,364 dikonsultasikan dengan hasil ttabel dengan N = 35 pada taraf signifikan 5% dtemukan nilai 2,042 menjadi = 8,364 > 2,042. Sehingga hipotesis kerja (Ha) diterima yang menyatakan “Layanan bimbingan konseling pribadi efektif terhadap perubahan tingkah laku peserta didik kelas XI SMK Bhakti Praja Talang Kabupaten Tegal Tahun pelajaran 2012/2013”.
Saran yang dapat disampaikan dari hasil penelitian ini adalah pelaksanaan bimbingan konseling pribadi baik perlu dipertahankan dan sebagai upaya pembinaan dan pengembangan sumber daya manusia sebagai modal utama dalam pendidikan.
1109501183 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain