Skripsi
Pengaruh Perkembangan Emosi Terhadap Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Jatibarang Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2012 / 2013
Kata kunci: Perkembangan Emosi, Kemandirian Belajar
Penelitian ini dilatarbelakangi banyaknya peserta didik yang kurang memperhatikan aspek emosi pada saat belajar. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui perkembangan emosi dan kemandirian belajar pada peserta didik, serta untuk mengetahui secara positif dan signifikan perkembangan emosi terhadap kemandirian belajar kelas X SMA Negeri 1 Jatibarang Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2012/2013.
Berdasarkan landasan teori, pada penelitian ini dapat dirumuskan hipotesis sebagai berikut: terdapat pengaruh perkembangan emosi terhadap kemandirian belajar Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Jatibarang Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2012/2013. Populasi penelitan ini seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Jatibarang Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2012/2013 sejumlah 178.Sedangkan sampel diambil 35 peserta didik dengan menggunakan teknik propotional random sampling dengan cara undian dan diambil 20% dari total populasi.
Metode untuk pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi.Sementara teknik analisis data menggunakan teknik analisis statistik dengan rumus product moment dan analisis deskriptif prosentase. Instrument diuji cobakan dulu di SMA Negeri 1 Larangan Brebes kelas X berjumlah 25 peserta didik sehingga rtabel = 0,396.kemudian hasil Try out untuk uji validitas instrument dikatakan valid semua karena rhitung > rtabel. Untuk hasil penelitian dengan hasil untuk variabel X = 40% dan variable Y = 45,7%. Dari hasil analisis data diperoleh nilai rxy= 0,626 dengan rtabel pada taraf signifikan 5% dengan N yaitu 35 sehingga rtabel= 0,334. Besarnya rhitung> rtabel = 0,626 > 0,334. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian diterima.Hasil analisis deskritif variabel X tergolong kedalam kriteria tinggi sebanyak 14 peserta didik (40%) sedangkan variabel Y tergolong criteria tinggi sebanyak 16 peserta didik (45,7%). Untuk kotribusi variabel X terhadap Y adalah 0,6262 x 100% = 39% sedangkan sisanya yang 61% ditentukan variabel lainnya.
Dengan ini penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara perkembangan emosi terhadap kemandirian belajar peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Jatibarang Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2012/2013.Untuk mengembangkan emosi positif yang berperan dalam kemandirian belajar peserta didik baik, maka disarankan kepada pihak terutama guru pengajar agar memasukkan unsur – unsur Emosi dalam menyampaikan materi pada peserta didik dalam proses belajar dan pembelajaran.
1109501322 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain