Skripsi
Pengaruh Layanan Bimbingan Belajar terhadap Motivasi Melanjutkan Sekolah pada Peserta Didik MTs Jatibogor Suradadi Kab. Tegal Kelas 9 Tahun Pelajaran 2012/2013
Kata Kunci : Layanan Bimbingan Belajar, Motivasi, Melanjutkan Sekolah
Penelitian ini membahas masalah pengaruh layanan bimbingan belajar terhadap motivasi melanjutkan sekolah pada peserta didik MTs Jatibogor Suradadi kelas 9 tahun pelajaran 2012/2013. Tujuan penelitian ini adalah 1) Ingin mengetahui layanan bimbingan belajar pada peserta didik MTs Jatibogor Suradadi kelas 9 tahun pelajaran 2012/2013, 2) Ingin mengetahui motivasi melanjutkan sekolah pada peserta didik MTs Jatibogor Suradadi kelas 9 tahun pelajaran 2012/2013, dan 3) Ingin mengetahui pengaruh layanan bimbingan belajar terhadap motivasi melanjutkan sekolah pada peserta didik MTs Jatibogor Suradadi kelas 9 tahun pelajaran 2012/2013.
Sumber data penelitian ini adalah peserta didik MTs Jatibogor Suradadi kelas 9 tahun pelajaran 2012/2013, sedangkan datanya berupa data kuantitatif. Data penelitiandiambil melalui angket penelitian berjumlah 20 butir pertanyaan dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan rumus korelasi pearsonproduct moment.
Hasil penelitian diperoleh variabel layanan bimbingan belajarcukup membimbing peserta didik dalam belajar (terdapat di antara 40% - 55%).variabelmotivasi melanjutkan sekolah dapat dengan nilai rata-rata prosentase 45,2% Hal ini menunjukkan bahwa layanan bimbingan belajar tersebut cukup memotivasi peserta didik untuk melanjutkan sekolah dalam memahami pelajaran (terdapat di antara 40% - 55%).
Dalam uji hipotesis diperoleh nilai r xy = 0,543, jika = 5% dengan N = 32 diperoleh r tabel = 0,349 sehingga sesuai dengan kriteria penerimaan hipotesis kerja jika r hitung> r tabel, maka hipotesis kerja diterima. Dari data tersebut r hitung lebih besar dari r tabel (0,543 > 0,349). Sehingga hipotesis penelitian yang menyatakan “Terdapat pengaruh layanan bimbingan belajar terhadap motivasi melanjutkan sekolah pada peserta didik MTs Jatibogor Suradadi kelas 9 tahun pelajaran 2012/2013” dapat diterima.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa terdapat pengaruh layanan bimbingan belajar terhadap motivasi melanjutkan sekolah pada peserta didik MTs Jatibogor Suradadi kelas 9 tahun pelajaran 2012/2013.
1109501268 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain