Skripsi
Efektifitas Penggunaan Metode Pembelajaran PQ4R Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Diklat Produktif Akuntansi Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Dukuhturi Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013
Kata Kunci : Pembelajaran PQ4R, Motivasi Belajar
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan metode Pembelajaran PQ4R efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata diklat produktif akuntansi kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Dukuhturi Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan metode Pembelajaran PQ4R dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata diklat produktif akuntansi kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Dukuhturi Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI akuntansi SMK Negeri 1 Dukuhturi Tegal tahun pelajaran 2012/2013 yang terdiri dari 4 kelas dan berjumlah 159 siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 64 siswa (hasil perhitungan dengan presentase yaitu 40% dari total populasi). Teknik pengumpulan data adalah teknik dokumentasi dan teknik kuesioner.
Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik uji beda 2 mean.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesa yang menyatakan motivasi belajar siswa, dengan penggunaan metode PQ4R lebih tinggi dibandingkan dengan penggunaan metode konvensional. Hal ini berdasarkan dari hasil perhitungan statistik uji beda 2 mean ditemukan thitung adalah 8,787 > 2,657 ( ttabel ), yang berarti Ho ditolak, dan Ha diterima.
Saran yang diajukan dalam penelitian ini bagi sekolah diharapkan dari pihak sekolah dapat memberikan arahan kepada guru – guru untuk dapat menerapkan metode pembelajaran PQ4R sebagai metode pembelajaran inovatif pada mata diklat produktif akuntansi kompetensi perpajakan. Bagi Guru diharapkan lebih rajin dan semangat dalam menciptakan suasana proses belajar mengajar yang menyenangkan dan tidak membosankan bagi para siswa dalam belajar sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Bagi Siswa diharapkan meningkatkan kegiatan dalam belajar, misalnya dengan aktivitas membaca buku pelajaran, mengerjakan soal – soal, membuat rangkuman serta mencari studi kasus dalam kehidupan nyata yang berkaitan dengan materi pembelajaran di sekolah sehingga motivasi belajar siswa dapat ditingkatkan.
1309500657 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain