Skripsi
Penggunaan Bahasa dan Keterbacaan Wacana dalam Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas VII MTs Fillial Attaqwa Gembongdadi dengan Menggunakan Formula Grafik Fry dan Close Prosedur Tahun Pelajaran 2012/2013
Kata Kunci: penggunaan bahasa, keterbacaan, wacana
Permasalahan dalam skripsi ini dirumuskan sebagai berikut: (1) Bagaimanakah penggunaan bahasa pada wacana bahan ajar membaca dengan menggunakan close prosedur yang termuat dalam buku teks bahasa Indonesia kelas VII SMP/MTs? (2) Bagaimanakah tingkat keterbacaan wacana pada bahan ajar membaca dengan menggunakan formula grafik fry yang termuat dalam buku teks bahasa Indonesia kelas VII SMP/MTs?
Penelitian ini mempunyai beberapa tujuan sebagai berikut: (1) Mendeskripsikan penggunaan bahasa pada wacana bahan ajar membaca dengan menggunkan close prosedur yang termuat dalam buku teks bahasa Indonesia kelas VII SMP/MTs. (2) Mendeskripsikan tingkat keterbacaan wacana pada bahan ajar membaca dengan menggunakan formula grafik fry yang termuat dalam buku teks bahasa Indonesia kelas VII SMP/MTs.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah buku teks bahasa Indonesia kelas VII SMP/MTs yang telah dipilih sebagai objek penelitian. Wujud data dalam penelitian ini berupa teks wacana bahan ajar membaca yang dipilih dari buku teks bahasa Indonesia kelas VII SMP/MTs. Identifikasi data pada penelitian ini berupa penggunaan bahasa dan tingkat keterbacaan wacana yang diperoleh dari wacana bahan ajar membaca buku teks pelajaran bahasa Indonesia kelas VII SMP/MTs. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik dokumentasi dan teknik observasi. Análisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik análisis-kualitatif.
Hasil Penelitian menunjukan bahwa penelitian terhadap tingkat keterbacaan wacana pada ke- tiga buku teks bahasa Indonesia yang dikaji menggunakan formula grafik fry dengan jumlah wacana dua puluh tujuah buah wacana, terdapat empat belas wacana yang cocok untuk dijadikan bahan ajar membaca pada kelas VII SMP/MTs dan hasil uji penggunaan bahasa menggunakan close prosedur pada siswa kelas VII MTs Fillial Attaqwa Gembongdadi dengan jumlah siswa 24 orang, dari tiga wacana yang diujikan yakni T.4-B.1-H.65, T.18-B.2-H.74, dan T.21-B.3-H.2 termasuk wacana dengan penggunaan bahasa yang mudah dipahami.
1509501261 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain