Skripsi
Keefektifan Metode Peta Pikir (Mind Maps) dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Puisi pada Siswa Kelas X SMK Bhakti Praja Margasari Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013
Kata kunci: metode peta pikir (mind maps), pembelajaran keterampilan menulis puisi.
Penelitian ini membahas metode peta pikir (mind maps) dalam pembelajaran keterampilan menulis puisi. Penulis mengkaji dua masalah yaitu: (1) Bagaimanakah kemampuan menulis puisi pada siswa kelas X SMK Bhakti Praja Margasari Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013? , dan (2) Bagaimanakah Keefektifan metode peta pikir (mind maps) dalam pembelajaran keterampilan menulis puisi pada siswa kelas X SMK Bhakti Praja Margasari Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013?.
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas X SMK Bhakti Praja Margasari Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013 dan mengidentifikasi keefektifan metode peta pikir (mind maps) dalam pembelajaran keterampilan menulis puisi pada siswa kelas X SMK Bhakti Praja Margasari Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian dua kelompok yaitu (1) kelompok eksperimen yaitu dimana siswa yang diajar menggunakan metode peta pikir (mind maps) , dan (2) kelompok kontrol yaitu dimana siswa yang diajar menggunakan metode konvesional. Sumber data penelitian ini adalah kemampuan menulis puisi pada siswa kelas X SMK Bhakti Praja Margasari Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2012/2013, sedangkan data penelitian diperoleh dari hasil tes membuat puisi. Berdasarkan hasil tes tersebut rata-rata nilai kelompok eksperimen diperoleh t hitung sebesar 11,876 dan rata-rata nilai kelompok kontrol diperoleh t hitung sebesar 1,280 atau dibulatkan menjadi 1,3 dengan t tabel 1,70.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa siswa kelas X SMK Bhakti Praja Margasari Kabupaten Tegal yang diajar dengan menggunakan metode peta pikir (mind maps) akan memperoleh prestasi yang lebih baik daripada siswa yang tidak menggunakan metode peta pikir (mind maps).
Berdasarkan hasil penelitian tersebut penulis menyarankan kepada guru agar menggunakan metode peta pikir (mind maps) dalam pembelajaran menulis puisi dan kepada peneliti yang lain hasil penelitian ini dapat dijadikan masukan dan pertimbangan untuk melaksanakan penelitian lebih lanjut.
01509501232 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain