Skripsi
PENGARUH LAYANAN KONSELING INDIVIDU TERHADAP PENINGKATAN DISIPLIN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs NEGERI LEBAKSIU KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Penelitian ini dilator belakangi adanya peserta didik yang tidak disiplin belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini, bagaimanakah pengaruh layanan konseling individu terhadap peningkatan disiplin belajar peserta didik kelas VIII MTs Negeri Lebaksiu kabupaten tegal tahun pelajaran 2012/2013.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh layanan konseling individu terhadap peningkatan disiplin belajar peserta didik kelas VIII MTs Negeri Lebaksiu kabupaten tegal tahun pelajaran 2012/2013.
Populasi penelitian ini seluruh peserta didik kelas VIII MTs Negeri Lebaksiu yang berjumlah 359 peserta didik dan sampel penelitian 52 pesert adidik dengan menggunakan teknik sampling cluster quota random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Guna menjawab hipotesis, analisis data menggunakan analisis kuantitatif, Hasil uji coba dinyatakan valid.
Hasil penelitian menunjukan pelaksanaan layanan konseling individu di MTs Negeri Lebaksiu kabupaten tegal tahun pelajaran 2012/2013 sudah dilaksanakan dengan baik dengan melihat dari persentase sebesar 30,5% dalam criteria baik. Dan disiplin belajar peserta didik kelas VIII dengan melihat dari persentase sebesar 38,5% dalam criteria tinggi. Sesuai dengan hipotesis ini adalah ada pengaruh yang positif dan signifikan konseling individu terhadap peningkatan disiplin belajar peserta didik kelasVIII MTs Negeri Lebaksiu Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013. Yang dibuktikan dengan hasil perhitungan diketahui nilai rxy=0,651, sedang nilai r tabel=0,279. Sesuai dengan kriteria penerimaan hipotesis, jika rxy > rtabel (0,651>0,279), maka hipotesis kerja (Ha) yang berbunyi “Ada pengaruh yang positif dan signifikan konseling individu terhadap peningkatan disiplin belajar peserta didik kelas VIII MTs Negeri Lebaksiu Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013” diterima.
Saran penulis adalah kepada sekolah dapat menyediakan sarana dan prasarana penunjang Layanan Konseling Individu. Kepada Guru BK ditingkatakan lagi dalam pelaksanaan pemberian Layanan Konseling Individu, sehingga Disiplin Belajar semakin meningkat. Bagipesertadidikdiharapkan mengikuti dan melaksanakan proses layanan berkaitan dengan pengembangan diri khususnya mengenai disiplin belajar.
Kontribusi yang diberikan pengaruh layanan konseling individu terhadap peningkatan disiplin belajar 42,33%, dan faktor-faktor yang tidak diteliti 57,67%.
1109501148 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain