Skripsi
PERAN PENDEKATAN RATIONAL EMOTIF TERHADAP MOTIVASI BERAFILIASI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 5 BREBES TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah bagaimana peran rational emotif, bagaimana motivasi berafiliasi, apakah ada peran pendekatan rational emotif terhadap motivasi berafiliasi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Brebes Tahun Pelajaran 2012/2013.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pendekatan rational emotif, motivasi berafiliasi, ada tidaknya peran pendekatan rational emotif terhadap motivasi berafiliasi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Brebes Tahun Pelajaran 2012/2013.
Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Brebes Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 290 peserta didik, maka untuk pengambilan sampel sejumlah 42 peserta didik. Adapun teknik sampling yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah teknik proportionate stratified random sampling dimana populasi mempunyai anggota/unsur yang tidak homogen dan berstrata secara proporsional. Pengumpulan data berupa angket, interview dan dokumentasi. Uji validitas item dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan spearman brown. Teknik analisis data menggunakan product moment. Hasil try out variabel X dan Y seluruhnya valid dan reliabel.
Berdasarkan hasil analisis data di atas diperoleh rhitung = 0,896 dikonsultasikan dengan nilai rtabel pada taraf signifikan 5%, dengan jumlah sempel N = 42 maka diperoleh rtabel = 0,304. Maka, jika rhitung > rtabel yaitu 0,896 > 0,304. Karena rhitung lebih besar dari nilai rtabel, maka dalam penelitian ini mengemukakan bahwa menerima hipotesis kerja (Ha) yang mengemukakan “Terdapat peran yang positif dan signifikan pendekatan rational emotif terhadap motivasi berafiliasi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Brebes Tahun Pelajaran 2012/2013”. Kontribusi ang diberikan pada variabel X terhadap variabel Y = rxy2 × 100% = 0,8962 × 100% = 0,802816 ×100% = 80,2816%. Faktor-faktor lain yang tidak diteliti = 100% – 80,2816% = 19,7184%.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penelitian ini adalah terdapat peran yang positif dan signifikan pendekatan rational emotif terhadap motivasi berafiliasi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Brebes Tahun Pelajaran 2012/2013. Saran yang direkomendasikan adalah agar diupayakan peningkatan pendekatan rational emotif agar peserta didik berkeinginan untuk membentuk motivasi berafiliasi dan membina hubungan sosial yang menyenangkan.
1109501231 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain