Skripsi
STUDI KASUS TERHADAP PERAN KONSELING PERORANGAN DALAM MENINGKATKAN SELF CONTROL PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMK KARYA BHAKTI BREBES KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Self control berperan penting dalam hubungan peserta didik dengan orang lain. Self control itu bukan hanya harus dimiliki oleh orang dewasa, tetapi anak anak dan remajapun harus memiliki dan mengembangkan self control yang ada dalam diri mereka. Self control seseorang sangat dipengaruhi oleh adanya . pola asuh orang tua, pengalaman traumatik, temperamen, jenis kelamin, dan usia. Jika peserta didik memiliki self control yang rendah maka dia akan mengalami kesulitan dalam hubungannya dengan orang lain. masalah yang sering terjadi disekolah adalah tempramen/ mudah marah, rendah diri, sering menunda-nunda pekerjaan. Dari masalah-masalah diatas kalau dibiarkan akan merugikan peserta didik sehingga diperlukan suatu layanan konseling perorangan untuk menanggulangi masalah rendahnya self control peserta didik yang dilakukan secara mendalam.
Populasi peserta didik kelas XI di SMK Karya Bhakti Brebes sejumlah 438 peserta didik sedangkan sampel atau subyek yang dipilih adalah 3 peserta didik yang dapat mewakili kriteria kasus yang ada melalui teknik purposive sampel. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara, dan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu data berupa pemaparan mengenai situasi yang diteliti yang disajikan dalam bentuk uraian naratif tidak dipaparkan dengan angka-angka. Hakikat pemaparan data pada umumnya menjawab pertanyaan-pertanyaan mengapa dan bagaimana suatu fenomena terjadi.
Hasil dari layanan ini diperoleh ketiga responden yang terpilih mengalami perubahan self control peserta didik meningkat dari rendah menjadi lebih baik, yang awalnya tempramen/ mudah marah sekarang sudah dapat mengendalikan emosinya, rendah diri sudah mempunyai kepercayaan diri yang baik, dan menunda-nunda pekerjaan sekarang sudah mulai merubah kebiasaanya. sehingga adanya peran konseling perorangan dalam meningkatkan self control peserta didik kelas XI SMK Karya Bhakti Brebes.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa adanya peran konseling perorangan dalam meningkatkan self control peserta didik kelas XI SMK Karya Bhakti Brebes. Saran dalam penelitian ini adalah agar guru BK dapat memberikan konseling perorangan secara periodik agar masalah yang dihadapi peserta didik terselesaikan secara tuntas, dan adanya peningkatan teknik layanan bimbingan dan konseling dengan menggunakan berbagai teknik dan pendekatan yang sesuai agar masalah yang dihadapi peserta didik dapat tercapai dengan baik.
01109501214 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain