Skripsi
PENGARUH TEKNIK LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING EKLETIK DENGAN PERILAKU ATTENDING DALAM MENGATASI PERMASALAHAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPS SMA NEGERI 4 TEGAL TAHUN
Permasalahan dalam penelitian ini adalah ada atau tidaknya pengaruh teknik layanan bimbingan dan konseling eklektik dengan perilaku attending dalam mengatasi permasalah belajar peserta didik SMA Negeri 4 Kota Tegal. Serta bagaimana permasalahan belajar peserta didik SMA Negeri 4 Kota Tegal.
Adapun tujuannya untuk mengetahui apakah penerapan teknik konseling eklektik dengan perilaku attending memiliki pengaruh yang positif dan signifikan atau tidak dalam mengatasi permasalahan belajar peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 4 Kota Tegal tahun pelajaran 2012/2013.
Sebagai populasi dalam penelitian ini berjumlah 157 peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 4 Kota Tegal tahun pelajaran 2012/2013, dengan sampel 30 peserta didik yang didapat dengan menggunakan teknik proposional random sampling yaitu jumlah sampel diambil dari bagian jumlah populasi dari masing-masing kelas, dan setiap kelas telah ditentukan besaran atau kuotanya yaitu sejumlah 20%.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, interview dan dokumentasi. Uji validitasmenggunakan kolerasi product moment, dan uji reliabilitas menggunakan rumusalpha cronbachsedangkan analisis datamenggunakan deskripsi presentase dan korelasi product moment, adapun hasil tryout semuanya valid dan reabel.
Dari hasil analisis data diketahui bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara teknik layanan bimbingan dan konseling eklektik dengan perilaku attending dalam mengatasi permasalahan peserta didik kelas XI.IPS SMA Negeri 4 kota tegal tahun pelajaran 2012 / 2013.Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis data nilai rhitung = 0,997, sedangkan rtabel = 0,463yaitu 0,997 > 0,463 diantara 0,801-1,000, sedangkan kontribusi variabel X terhadap Y 0,994, sedangkan yang tidak diteliti 0,006.
Simpulan adanya pengaruh teknik layanan bimbingan dan konseling eklektik dengan perilaku attending yang positif dan signifikan dalam mengatasi permasalahan peserta didik kelas XI.IPS SMA Negeri 4 kota Tegal tahun pelajaran 2012/2013, sangat tinggi, disarankan hendaknya guru BK atau konselor meningkatkan layanan konseling individual dengan teknik layanan bimbingan dan konseling eklektik dengan perilaku attending dalam
1109501142 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain