Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPING DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA N 3 BREBES TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Penelitian ini membahas model pembelajaran Mind Maping dalam pembelajaran keterampilan menulis karangan argumentasi sebagai inovasi dalam pembelajaran tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan peserta didik kelas X SMA N 3 Brebes tahun pelajaran 2012/2013 setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Mind Maping serta mengetahui keefektifan model pembelajaran tersebut dalam pembelajaran tersebut.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 3 Brebes. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X dengan jumlah 210 siswa. Sampel pada penelitian ini, yaitu kelas X I sebagai kelas eksperimen dan X III sebagai kelas kontrol dengan tiap kelas berjumlah 30 siswa. Pengambilan sampel tersebut menggunakan teknik acak proposional dengan undian sebagai penentunya.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis berupa tugas membuat karangan argumentasi. Instrumen yang digunakan adalah tugas membuat karangan argumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji t independen untuk mengetahui peningkatan kemampuan peserta didik dalam pembelajaran keterampilan menulis karangan argumentasi dan uji t non-independen untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Mind Maping.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen dalam pembelajaran keterampilan menulis karangan argumentasi dengan menggunakan model pembelajaran Mind Maping. (2) model pembelajaran Mind Maping efektif untuk digunakan dalam pembelajaran karangan argumentasi. Dari uji t independen diperoleh t hitung 4,45 dan lebih besar dari t tabel, 1,68.
Kompleksitas dalam mempelajari materi bahasa Indonesia membuat guru mata pelajaran Bahasa Indonesia terus berinovasi untuk membantu peserta didik dalam mempelajarinya. Pembelajaran yang efektif, tepat sasaran, dan tujuan merupakan target utama guru mata pelajaran Bahasa Indonesia. Melalui penelitian yang berkelanjutan, diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia.
01509501306 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain