Skripsi
PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI DESKRIPSI UANG DAN LEMBAGA KEUANGAN MATA PELAJARAN IPS MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN SAVI PADA SISWA KELAS IX A SMP 10 NOPEMBER BINANGUN, KABUPATEN CILACAP
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah “Apakah Pendekatan Pembelajaran SAVI dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Kompetensi Deskripsi Uang dan Lambaga Keuangan pada siswa kelas IX A SMP 10 Nopember Binangun, Cilacap Tahun Pelajaran 2012/2013?”
Penelitian ini akan mengarahkan kajiannya secara teliti pada peningkatan hasil belajar IPS melalui penerapan pendekatan SAVI.
Prosedur peneltian sesuai dengan penelitian PTK yang meliputi empat langkah penelitian yaitu: 1 perencanaan, 2 pelaksanaan, 3 observasi, dan 4. refleksi. Dalam pelaksanaannya penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus.
Hasil penelitian ini dapat disampaikan sebagai berikut: Penggunaan pendekatan SAVI dapat meningkatkan hasil belajar IPS kompetensi deskripsi uang dan lembaga keuanga pada siswa kelas IX A SMP 10 Nopember Binangun, Cilacap tahun pelajaran 2012/2013. Hal ini dapat dilihat dan dapat dibuktikan dari hasil penelitian yang menunjukkan adanya hasil belajar yang selalu meningkat, dari studi awal ke siklus I naik 6,24%. Dari siklus I ke siklus II mengalami kenaikan sebesar 34,38%. Bila dilihat dari kondisi awal sampai pada kondisi akhir maka terjadi peningkatan sebesar 75,00%.
Berdasarkan analisis data tes dan non tes dapat disimpulkan bahwa, melalui penerapan Pendekatan SAVI dapat : 1) Meningkatkan ketuntasan belajar siswa Mata pelajaran IPS kompetensi deskripsi uang dan lembaga keuangan, 2) Meningkatkan partisipasi siswa mengikuti pembelajaran.
Kata Kunci: hasil belajar, pendekatan SAVI
01311510004 | SUT p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain