Skripsi
PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO PADA SISWA KELAS VIII MTs MA’ARIF NU KERTANEGARA KABUPATEN PURBALINGGA
Kata Kunci : Prestasi Belajar, Model Pembelajaran Berbasis Portofolio
Penelitian ini menjelaskan tentang model pembelajaran berbasis portofolio. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis portofolio terhadap prestasi belajar IPS pada siswa kelas VIII MTs Ma’arif NU Kertanegara Kabupaten Purbalingga Tahun Pelajaran 2012 / 2013.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang ditempuh dalam dua siklus. Setiap siklus terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Tindakan dalam setiap siklus dilakukan dengan cara peneliti memberikan tugas berupa penyelesaian suatu permasalahan secara berkelompok, dimana setiap kelompok punya tugas masing-masing, kemudian mereka mempresentasikan hasil karya mereka dalam suatu show case yang terdiri dari portofolio dokumen dan tayangan. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas MTs Ma’arif NU Kertanegara Kabupaten Purbalingga yang terdiri dari 26 siswa pada tahun pelajaran 2012/2013.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran berbasis portofolio, kemampuan siswa dalam menyampaikan materi di depan kelas dan belajar mandiri di rumah dapat ditingkatkan. Variasi penerapan model pembelajaran ini dapat juga menghindari kebosanan siswa dalam mengikuti pembelajaran IPS sehingga prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari 46,2 % menjadi 96,2 %.
Berdasarkan penelitian bahwa prestasi belajar IPS yang diperoleh siswa kelas VIII MTs Ma’arif NU Kertanegara Kabupaten Purbalingga tahun pelajaran 2012/2013 nilai rata-ratanya meningkat pada siklus I yaitu 71,2 menjadi berkisar 79,0 pada siklus II. Dari uraian di atas peneliti menyimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis portofolio yang diterapkan guru dapat meningkatkan hasil belajar siswa, karena itu peneliti menyarankan agar model pembelajaran berbasis portofolio disosialisasikan dan digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran IPS di sekolah.
01310510034 | FAR p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain