Skripsi
UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR I P S MELALUI MODEL QUANTUM LEARNING PADA KOMPETENSI DASAR PELAKU EKONOMI KELAS VIII C MTS USHRIYYAH KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN 2012 / 2013
Kata Kunci: model quantum learning, prestasi, ekonomi
Penelitian tindakan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan prestasii siswa pada pembelajaran Ekonomi kelas VIIIC MTs USHRIYYAH
Purbalingga. Peningkatan prestasi yang dimaksud adalah diwujudkan melalui aktivitas dan nilai selama KBM.
Penelitian tindakan dilaksanakan pada bulan Agutus sampai dengan Oktober 2011 dan dilakukan tindakan dengan menerapkan Model Quantum Learning pada setiap siklus. Pelaksanaan penelitian 3 siklus, setiap pertemuan merupakan satu siklus. melalui. Pelaksanaan siklus 1 melalui tahap perencanaan, implementasi, observasi, dan refleksi. Pelaksanaan siklus 2 merupakan perbaikan kendala-kendala pada siklus 1, pelaksanaan siklus 3 merupakan perbaikan skendala pada siklus 2 sampai tidak ditemukan kendala yang berarti. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yaitu mendeskripsikan fakta-fakta yang ditemukan selama PBM dan membandingkan nilai siswa melalui observasi selama tindakan.
Hasil penelitian diperoleh peningkatan keaktifan siswa, yaitu pada siklus
1 siswa yang keaktifannya sangat aktifi/aktif hanya 28%, pada siklus 2 menjadi
54%, dan pada siklus 3 terjadi peningkatan hingga 87% Sedangkan hasil Prestasi belajarpun juga mengalami peningkatan dari hasil ketuntasan pada siklus I
( 59,37% ) Siklus II ( 81,25% ) dan Siklus III ( 90,62% ) Kesimpulan penelitian
ini adalah penggunaan Model Quantum Learning yang terencana dengan baik, yang dilaksanakan di MTs. ‘Ushriyyah Purbalingga dapat memberikan kontribusi yang positif dalam rangka meningkatkan prestasi siswa.
01311510001 | GAO u | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain